Tradisi ider bumi di Desa Pakistaji kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi Tahun 1955-2019

Khoirul, Anam (2023) Tradisi ider bumi di Desa Pakistaji kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi Tahun 1955-2019. Undergraduate thesis, UIN kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI watermark.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK

Khoirul Anam. 2023. Tradisi Ider Bumi di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten BanyuwangiTahun 1955-2019.

Suku Osing adalah pilar dari beragam kebudayaan Kabupaten Banyuwangi. Dalam konteks ini, terdapat beberapa budaya dan tradisi yang hingga saat ini masih lestari dan dijalankan oleh masyarakat Osing, diantaranya: tradisi Seblang (Desa Olehsari dan Desa Bakungan), Tradisi Kebo-keboan, Tradisi Barong Ider Bumi dan beragam tradisi lainya. Salah satu tradisi yang diangkat dalam konteks penelitian ini adalah tradisi Ider Bumi. Ritual Ider Bumi merupakan salah satu ritual yang ada di Kabupaten Banyuwangi, tujuan dilakukannya Ider Bumi adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas keselamatan warga dan keamanan desa. Tradisi ider bumi di desa Pakistaji merupakan satu tradisi yang telah mengalami perkembangan dalam beberapa masa. Hasil keterangan yang penulis kumpulkan menunjukan bahwa terjadi beberapa perubahan dalam unsur tradisi der bumi sejak awal dimulainya yakni tahun 1900-an hingga tahun 2019.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sejarah dan perkembangan ider bumi di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tahun 1955-2019? 2) Bagaimana faktor perubahan Tradisi ider bumi di desa Pakistaji kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi tahun 1955-2019?.Selain untuk mengetahui bagaimana keberlanjutan dari tradisi ider bumi di Desa Pakistaji, Peneliti juga bertujuan untuk mengetahui sejarah dan perkembangan ider bumi di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi pada tahun 1955-2019, dan mengetahui bagaimana faktor perubahan tradisi ider bumi di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tahun 1955-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitialn sejarah dengan beberapa tahap yaitu: pemilihaln topik pembahasan, heuristik (pengumpulaln data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi dan historiografi.
Hasil dari penelitian tradisi ider bumi di desa Pakistaji dapat disimpulkan: Pertama, sejarah ider bumi di Desa Pakistaji muncul sebagai adopsi budaya Iider bumi di Desa Kemiren dimana pelopor pertama kali adanya tradisi ider bumi di Desa Pakistaji adalah Buyut Demang (Joyo Samudro) pada tahun 1900-an. Kedua, terjadi beberapa perubahan pada praktik ider bumi di Desa Pakistaji pada tahun 1955-2019 yang dilakukan oleh pak Haji Thoyib, dengan rincian perubahan sebagai berikut: a) Perubahan tradisi mocoan dan ruwatan, b) Menjadi acara istigosah dan selametan, c). Keikutsertaan perempuan menjadi ketidakikut sertaan perempuan dalam perjalanan mengikuti alur ider bumi, d). Dari tanpa tumpengan menjadi diadakan tumpengan; e). Alur perjalanan yang berubah yang pada mulanya menyusuri penggir desa berubah menjadi lebih simpel yakni di dalam desa atau jalan utama desa.
Kata Kunci : Kebudayaan, Ritual, Suku Osing, Tradisi ider bumi Desa Pakistaji, sejarah dan perkembangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Depositing User: Khoirul Anam Halim
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:05
Last Modified: 27 Dec 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31032

Actions (login required)

View Item View Item