Penilaian Kinerja Perbankan Syariah dengan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) dan Sharia Confirmity and Profitability (SCnP) (Studi Komparasi: Laporan Keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia Periode 2019-2022)

Sari, Eka Puspita (2023) Penilaian Kinerja Perbankan Syariah dengan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) dan Sharia Confirmity and Profitability (SCnP) (Studi Komparasi: Laporan Keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia Periode 2019-2022). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKA PUSPITA SARI WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tentang penilaian kinerja perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia dengan menggunakan metode Risk Based Bank Rating (R-BBR) dan Sharia Conformity and Profitability (SCnP). Tujuan penelitian ini yaitu; untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia dengan metode Risk-Based Bank Rating (R-BBR) dilihat dari rasio FDR, ROA, dan CAR selama periode 2019-2022, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia dengan metode Shariah Conformity and Profitability (SCnP) dilihat dari rasio Islamic Investment, Islamic Income, Profit Sharing Ratio, ROE, dan NPM selama periode 2019-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia dan Bank Umum Syariah di Malaysia periode 2019-2022. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 Bank Umum Syariah di Indonesia dan 10 Bank Umum Syariah di Malaysia. Data yang digunakan yaitu laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan melalui website resmi masing- masing Bank Syariah. Hasil penelitian dengan metode R-BBR menyatakan bahwa bahwa kinerja keuangan perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia tidak terdapat perbedaan pada rasio FDR dan ROA, sedangkan pada rasio CAR terdapat perbedaan kinerja, dengan demikian didapatkan keputusan untuk menerima H3, serta menolak H1 dan H2. Hasil pengujian hipotesis metode SCnP menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja pada rasio Islamic Investment, Profit Sharing, ROE, dan NPM, sedangkan pada rasio Islamic Income terdapat perbedaan kinerja, dengan demikian didapatkan keputusan untuk menerima H5 serta menolak H4, H6, H7, dan H8.
Kata Kunci: Kinerja Bank Syariah, Metode RBBR, Metode SCnP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Eka Puspita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:58
Last Modified: 28 Dec 2023 01:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item