Mohammad, Isbad (2023) Mohammmad Isbad, Abdul Rokhim.2023: ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) dan IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Kasus Kedai Kopi Koaronesia 731 Jember). Undergraduate thesis, UIN KH.ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
Text
FINAL_Ekonomi Syariah_E20182144_Mohammad Isbad.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kedai Kopi Koaronesia 731 Jember merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang makan cepat saji. Pada umumnya tempat untuk makan dan minum sajian cepat saji dan menyuguhkan suasanan santai atau tidak resmi.
Dengan Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini pertama, Apakah Mutu Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen (Y) Dengan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Perfomance Analysis (IPA) Di Kedai Kopi Koaronesia 731? kedua, Apakah Mutu Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) berpengaruh secara bersamaan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) Dengan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Perfomance Analysis (IPA) Di Kedai Kopi Koaronesia 731? Dan ketiga, Apakah Yang Perlu Dipertimbangkan Dan Ditingkatkan Dalam Variabel Mutu Produk, Harga, Tempat Dan Promosi Di Kedai Kopi Koaronesia 731?
Metode yang digunakan kuantitatif dengan jenis penelitian metode analitis deskriptif. Data yang digunakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Populasi semua konsumen yang mengunjungi Kedai Kopi Koaronesia 731 Jember. teknik pengambilan sampel metode non-probability sampling analisis data Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA).
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) tingkat kepuasan konsumen secara parsial berada pada kategori tidak puas dengan hasil terbesarnya 27,34% dan nilai terkecil sebesar 24,42%. Pada analisis importance Performance Analysis (IPA) tingkat kepuasan kinerja terhadap harapan konsumen memiliki tingkat kesesuaian terbesar 100% dengan nilai terkecil sebesar 95.33% memenuhi tingkat harapan dari konsumen Kedai Kopi Koaronesia 731, akan tetapi perlu perbaikan terhadap beberap sisi guna untuk meningkatkan kepuasan konsumen. 2) tingkat kepuasan konsumen secara bersamaa hanya berkisar diangka 19.18% artinya secara keseluruhan konsumen tidak terpuaskan dari atribut yang digunakan. 3) Untuk itu analisis IPA digunakan untuk mengidentifikasi ketidakmampuan tersebut dengan Diagram Kartesius, pada kuadran I (prioritas utama) perlu ditingkatkan pada atribut Mutu Produk. Pada kuadran II (pertahankan prestasi) harga tetap perlu dipertahankan karena pangsa pasar konsumen sangat terbatas pada kalangan masyarakat sekitarnya. Kuadaran III dan Kuadran IV dirasa sudah sangat cukup namuan perlu pebaikan dari sisi tempat dan juga promosi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
Depositing User: | Mohammad Isbad Isbad |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 07:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 07:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31042 |
Actions (login required)
View Item |