Persepsi Mahasiswa Korban Broken Home Tentang Keluarga Sakinah (Studi Deskriptif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Lutfia, Siti (2023) Persepsi Mahasiswa Korban Broken Home Tentang Keluarga Sakinah (Studi Deskriptif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SITI LUTFIA_D20193050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak korban Broken Home cenderung memiliki pandangan yang negatif terhadap pernikahan dan keluarga, Akibat dampak dari perceraian yang terjadi pada orang tua mereka, hal tersebut pastinya juga menimpa anak yang berstatus sebagai mahasiswa, sebagai mahasiswa yang mengenyam pendidikan tinggi pastinya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih ketimbang anak yang tidak mengenyam bangku perkuliahan hal tersebut pastinya akan mempengaruhi persepsi mereka tentang suatu hal salah satunya persepsi tentang membangun keluarga sakinah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi mahasiswa korban Broken Home tentang keluarga sakinah? 2) Bagaimana upaya mahasiswa korban Broken Home dalam membangun keluarga sakinah dimasa mendatang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persepsi mahasiswa korban Broken Home tentang keluarga sakinah. 2) Untuk mengetahui upaya mahasiswa korban Broken Home dalam membangun keluarga sakinah dimasa mendatang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik studi deskriptif. Teknik wawancara menggunakan wawancara semi-struktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Sedangkan, keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Pandangan mahasiswa korban broken home Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember mengenai keluarga sakinah sudah sesuai dengan konsep keluarga sakinah yakni keluarga yang Sejahtera, bahagia, damai, dan tentram. Keluarga sakinah adalah yang memiliki kesetiaan, tidak meninggalkan satu sama lain ketika sedang terjadi musibah. Keluarga yang dapat menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing. Tidak mengingkari tanggung jawab nya sebagai suami atau istri. Keluarga yang dapat menjaga rumah tangga nya dari perceraian. 2) Upaya mahasiswa korban broken home Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember dalam membangun keluarga sakinah di masa mendatang yakni dengan Langkah awal memilih jodoh yang ideal, memupuk ilmu-ilmu keagamaan tentang pernikahan dan keluarga, memahami dan melaksakanan dengan sungguh-sungguh apa yang sudah menjadi kewajibannya, saling menyayangi dan tidak berbuat kasar, serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Broken Home, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Siti Lutfia
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:44
Last Modified: 27 Dec 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31044

Actions (login required)

View Item View Item