Pengaruh harga persediaan barang dan citra merek terhadap keputusan oembelian melalui minat beli konsumen sebagai variabel intervening (studi pada konsumen Toko Basamalah Kabupaten Jember)

Uswatun, Hasanah (2023) Pengaruh harga persediaan barang dan citra merek terhadap keputusan oembelian melalui minat beli konsumen sebagai variabel intervening (studi pada konsumen Toko Basamalah Kabupaten Jember). Masters thesis, Pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
TESIS Uswatun hasanah WATERMARK.pdf

Download (13MB)

Abstract

Konsumen membeli barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya, dan dalam proses pemenuhan itu banyak cara yang dilakukan konsumen, salah satunya mencari informasi terkait barang yang akan dibeli, misalnya terkait dengan harga barang dan persediaan barang di toko yang akan dikunjungi, karena mayoritas konsumen memilih barang yang terjangkau harganya dengan kualitas yang sama, sehingga tidak membuang banyak waktu dan tenaga.
Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menitik beratkan pada pengujian hipotesis dengan data yang terukur dan menghasilkan simpulan yang dapat digeneralisasikan. Dan bertujuan untuk menguji dan menganalisis rumuan masalah yaitu apakah harga, persediaan barang, citra merek berpengaruh signifikan terdap keputusan pembelian konsumen melalui minat beli. Populasi dalam penelitian ini tidak terhingga yaitu seluruh konsumen Toko Basmalah di Kabupatn Jember, pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, jumlah sampel yang representatif pada penlitian 21 x 5 = 105 responden, analisis data menggunakan analisis path yang dikembangkan dari regresi berganda, dan pengujian hipotesis di bantu SPSS versi 23.
Hasil analisis menunjukkan variabel harga berpengaruh signifkan terhadap minat beli konsumen dengan (Sig 0,025). Variabel persediaan barang berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsmen dengan (Sig. 0.002). Variabel citra merek berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat beli konsumen, dengan (Sig. 0.084). Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan (Sig. 0.002). Variabel persediaan barang berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan (Sig. 0,083). Citra merek berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan, (Sig. 0,074). Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, variabel persediaan barang berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Variabel citra merek berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Uswatun Hasanah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:28
Last Modified: 27 Dec 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item