Strategi Dakwah Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidemen Dalam Meningkatkan Keimanan Muallaf Di Desa Sinduwati Karangasem Bali

Rizal, Hidayat (2023) Strategi Dakwah Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidemen Dalam Meningkatkan Keimanan Muallaf Di Desa Sinduwati Karangasem Bali. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZAL HIDAYAT_D20194023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rizak Hidayat, 2023: Strategi dakwah Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidemen Dalam Meningkatkan Keimanan Muallaf Di Desa Sinduwati, Karangasem, Bali.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Keimanan Muallaf
Dua kalimat syahadat adalah awal mula untuk memeluk agama Islam yang dimana di sebut muallaf yang masih lemah imannya, untuk itu sangat di perlukannya bimbingan untuk para muallaf mendapatkan bimbingan yang baik melalui kegiatan dakwah. Dalam kegiatan dakwah pasti memiliki strategi khusus supaya mitra dakwah bisa menerima dengan baik proses dakwah. Dikarenakan muallaf ini baru mesuk agama Islam dan keimananya juga masih dibilang lemah, maka sangat diperlukan bimbingan yang intesn untuk membimbing mereka, penyuluh agama Islammempunyai tugas yang mulia untuk bisa meningkatkan keimanan mualaf dengan strategi dakwah yang di gunakan agar bertujuan untuk bisa memotivasi, mengarahkan dan membimbimng para muallaf untuk dapat mengetahui ajaran agama yang baru dianutnya.
Menurut penjelasan di atas, peneliti memfokuskan penelitian dengan sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam meningkatkan keimanan Muallaf di Desa Sinduwati? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam meningkatkan keimanan mualaf di Desa Sinduwati?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam meningkatkan keimanna muallaf. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam meningkatkan keimanna muallaf.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Peneliti memakai teknik purposive sampling untuk memilih informan. Teknik purposive sampling menggunakan pertimbangan untuk memilih informan yang dianggap memiliki pengetahuan tentang problem yang akan diteliti. Namum, wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah metode pengumpulan data.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penyuluh agama Islam menggunakan tiga strategi dakwah yaitu membuat Majelis Taklim Al-Muhajirin khusus binaan muallaf, Bimbingan penyuluhan secara virtual dan SALAMAH (Senangnya Layanan Kerumah), 2) pada faktor pendukung dan penghambat terdapat ada tiga faktor pendukung yaitu masih banyaknya muallaf yang belum mengetahui tentang agama Islam, adanya pernikahan dengan beda agama, dan faktor lingkungan, untuk faktor penghambat ada tiga yaitu kurangnya kesadaran dari muallaf untk mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam, muallaf mudah terpengaruh kembali ke agama sebelumnya, dan faktor teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah dan Keimanan Muallaf
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizal Hidayat Rizal
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:31
Last Modified: 27 Dec 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31061

Actions (login required)

View Item View Item