Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Home Industry Di Desa Brani Kulon Kabupaten Probolinggo

Aini, Nur (2023) Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Home Industry Di Desa Brani Kulon Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Aini_E20192223.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Aini, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag, M.E.I., 2023. Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Home Industry Tahu Di Desa Brani Kulon Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, pendapatan.
Strategi pengembangan usaha adalah suatu penentuan arah perusahaan yang membutuhkan keputusan serta dorongan dari setiap lini usaha untuk menghasilkan produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen, yang memiliki pandangan kedepan supaya perusahaan dapat berkembang semakin besar baik dari segi produksi, brand, konsumen dan pendapatan perusahaan.
Adapun fokus penelitian dari skripsi ini adalah membahas tentang 1) Bagaimana strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani kulon Kabupaten Probolinggo? 2) Apa saja kendala strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani Kulon Kabupaten Probolinggo?.
Untuk tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani Kulon kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mengetahui kendala strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani Kulon kabupaten Probolinggo..
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun keabsahan data di sini menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa 1) strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani Kulon Kabupaten Probolinggo menggunakan strategi pengembangan usaha bauran pemasaran yang terdiri dari a) strategi produk yaitu para pengusaha tahu yang berada di desa Brani Kulon sangatlah mengutamakan kualitas produk tahu yang dihasilkan. b) strategi harga, untuk harga jualnya sendiri di desa Brani kulon beragam tapi rata-rata menjualnya seharga Rp. 25.000 perkotak. c) strategi tempat, untuk tempat pemasaran produknya ke pasar-pasar daerah kabupaten Probolinggo dan konsumen, sementara untuk tempat pengolahan berada di samping rumahnya sendiri. d) strategi promosi, untuk promosi yang ada di desa Brani Kulon masih sangat sederhana yaitu dari mulut ke mulut dan menggunakan media sosial WhatsApp. 2) kendala strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan pada home industry tahu di desa Brani Kulon kabupaten Probolinggo. Untuk kendalanya sendiri terletak pada harga kedelai, jika harga kedelai naik maka para pengusaha tahu harus menipiskan potongan tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nn Nur Aini
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:36
Last Modified: 28 Dec 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31062

Actions (login required)

View Item View Item