Analisis pengaruh perencaan dan strategi terhadap kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) di Kabupaten Situbondo

Haromah, Lita Hadatul (2023) Analisis pengaruh perencaan dan strategi terhadap kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) di Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lita Hadatul Haromah (E20173050).pdf

Download (38MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Perencanaan dan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Situbondo”. Perencanaan dan strategi merupakan solusi tepat yang dapat digunakan PDAM untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Adanya kerjasama yang baik antara pelanggan dan karyawan PDAM dalam proses pelayan akan membuat pelayanan menjadi tertib. Selain itu adanya pelayanan terbaik, perencanaan dan strategi yang matang serta tepat yang diberikan PDAM untuk dijalankan baik terhadap pelanggan maupun karyawan, akan menjadikan pelanggan serta karyawan loyal dan setia terhadap perusahaan.
Tujuan peneliti yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial perencanaan dan strategi terhadap kinerja di PDAM Kabupaten Situbondo, dimana pengukuran menggunakan konsep Balanced Scorecard dengan empat perspektif: Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan perencanaan dan strategi terhadap kinerja di PDAM Kabupaten Situbondo, dimana pengukuran menggunakan konsep Balanced Scorecard dengan empat perspektif: Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Adapun analisis data yaitu regresi linier sederhana menggunakan SPSS version 22 menggunakan pengukuran Balance Scorecard.
Berdasarkan hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS version 22 dan wawancara yang peneliti lakukan dengan informan, hasil penelitian ini diketahui bahwa secara parsial dan simultan Perencanaan dan Strategi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja terlihat dari hasil uji F didapat nilai sig. Regression Residual untuk Perencanaan dan Strategi terhadap Kinerja sebesar 0,000 < 0,05, sama halnya dilihat dari nilai F hitung > F tabel dimana 1042,09 > 4,183 artinya F hitung > F tabel, diterima ditolak. Selanjutnya jika dilihat dari hasil uji t didapat nilai sig. Regression Residual untuk Perencanaan dan Strategi terhadap Kinerja sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 32,281 dan t tabel sebesar 2,048 artinya t hitung > t tabel, diterima ditolak.

Kata Kunci: Kinerja, Perencanaan dan Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: ms Lita Hadatul Haromah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:25
Last Modified: 27 Dec 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31066

Actions (login required)

View Item View Item