Peran Orang Tua Dalam Mengajarkan Bina Diri Pada Anak Tunadaksa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember

Azzahro, Fidya Nirmala (2023) Peran Orang Tua Dalam Mengajarkan Bina Diri Pada Anak Tunadaksa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIDYA NIRMALA AZZAHRO_D20193029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak tunadaksa merupakan anak yang mengalami gangguan bentuk atau hambatan pada tulang, otot dan sendi dalam fungsinya yang normal sehingga mengurangi kapasitas normal untuk mengikuti pendidikan dan berdiri sendiri, hal tersebut dapat mempengaruhi kegiatan sehari-harinya atau bina diri anak tunadaksa. Maka dari itu, diperlukan peran orang tua yang maksimal bagi anak tunadaksa agar mampu mengambangkan kemampuan bina dirinya.
Fokus masalah dalam skripsi ini ialah bagaimana peran orang tua dalam mengajarkan bina diri pada anak tunadaksa di SLB Negeri Branjangan Jember? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mengajarkan bina diri pada anak tunadaksa di SLB Negeri Branjangan Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang subyek penelitiannya ditentukan melalui purposive sampling dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman. Sementara untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yakni peran orang tua dijalankan sesuai perannya yaitu orang tua sebagai pengambil keputusan, tanggung jawab sebagai orang tua, tanggung jawab sebagai guru dan tanggung jawab sebagai advocate.Selain itu, orang tua masih berusaha mengajarkan bina diri pada anaknya, dapat dikatakan bahwa anak belum mandiri sepenuhnya dikarenakan masih kesulitan pada gerakan motoriknya.

Kata kunci: Peran Orang Tua; Bina Diri; Anak Tunadaksa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Depositing User: Skripsi Fidya Nirmala Azzahro
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:20
Last Modified: 27 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item View Item