Analisis Kebijakan Internal Dalam Mengantisipasi Fraud Pada Simpanan Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember

Solehah, Bakiatus (2023) Analisis Kebijakan Internal Dalam Mengantisipasi Fraud Pada Simpanan Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BAKIATUS SOLEHAH fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sistem operasional dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember. Fraud adalah tindakan penyimpangan atau pembiaran yang sengaja di lakukan untuk mengelabui, menipu, atau memanipulasi perusahaan atau unit syariah, pemegang polis, tertanggung, peserta atau pihak lain, sehingga pesetra atau pihak lain mengalami kerugian dan atau pelaku fraud memperoleh keuntungan vaik secara langsung maupun tidak langsung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana kebijakan internal dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember? 2). Bagaimana cara pengelolaan sistem operasional dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui kebijakan internal dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember. 2). Untuk mengetahui pengelolaan sistem operasional dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dimana dalam menentukan sumber data menggunakan purposive, sedangkan metode pengumupulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem kebijakan internal dalam mengantisipasi fraud pada simpanan tabungan umum syariah di bmt ugt nusantara capem kaliwates jember telah sesuai dengan sistem operasional yang diterapkan di bmt. Walaupun sudah sesuai dengan, tetapi bmt juga harus perlu terus memperbaiki beberapa komponen dalam sistem kebijakan internalnya. Sistem kebijakan internal bertujuan untuk menjaga keefektifan dan efesiensi operasional perusahaan, keandalan laporan keuangan dan kepatuhan terhadap atuaran yang berlaku, dan manfaat yang didapat yaitu perusahaan dapat mencegah terjadinya fraud sehingga perusahaan tidak mengalami kerugain.
BMT juga telah menerapkan aplikasi untuk mencegah adanya kasus fraud dengan melaporkan transaksi secara realtime berupa Mobile Transaksi yang di instal pada ponsel Account Officer, sehingga saat terjadinya penerimaan kas, selain menulis bukti transaksi melalui slip pembayaran kas, Account Officer juga melakukan pengisian data melalui aplikasi Mobile Transaksi, kemudian setelah pengisian data selesai, data tersebut langsung terupdate secara otomatis pada sistem BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Depositing User: baki atus solehah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:51
Last Modified: 27 Dec 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item View Item