UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENCEGAH TIGA MASALAH POKOK KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (TRIAD KRR) DI SMK 2 PANCASILA JEMBER

Silvia Eka, Prasanti (2023) UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENCEGAH TIGA MASALAH POKOK KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (TRIAD KRR) DI SMK 2 PANCASILA JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVI EKA PRASANTI_D20193040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Silvia Eka Prasanti, 2023 : Upaya Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK￾R) Dalam Mencegah Tiga Masalah Pokok Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD
KRR) Di SMK 2 Pancasila Jember.
Kata Kunci : Penyuluh, PIK-R, TRIAD KRR
Pusat Informasi dan Konseling Remaja adalah wadah dimana kegiatan
program dikelola dari, oleh dan untuk remaja. Tujuannya adalah memberikan
layanan informasi dan konseling terkait kesehatan reproduksi remaja, ketrampilan
kecakapan hidup serta mengembangkan kegiatan lain yang unik dan sesuai minat
atau kebutuhan remaja. Melalui PIK-R diharapkan melahirkan remaja tangguh,
remaja yang berperilaku sehat dan terhindar dari risiko terkait seksualitas,
HIV/AIDS dan Narkoba (TRIAD KRR) yang menjadi panutan, idola, dan sumber
informasi bagi teman sebayanya.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Apa upaya dan manfaat
penyuluhan yang dilakuakan PIK Remaja dalam mencegah terjadinya TRIAD KRR
di SMK 2 PANCASILA Jember? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat kegiatan PIK-R di SMK 2 Pancasila Jember?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui tentang upaya serta
manfaat pelaksanaan penyuluhan di SMK 2 Pancasila Jember untuk mecegah
terjadinya TRIAD KRR. 2) Untuk menjabarkan dan mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat kegiatan PIK-R di SMK 2 Pancasila Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sempel menggunakan teknik purposive.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Serta menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Analisi data yang digunakan sesuai dengan model milles and hubermen meliputi
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian
penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap
analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah, penyuluh PIK-R dalam mencegah siswa
berperilaku TRIAD KRR yaitu memberikan sosialisasi serta layanan konseling
kepada para siswa yang memiliki permasalahan dalam kehidupannya, dan
memberikan keterampilan berupa kemampuan vokasional kepada para siswa agar
dapat terhindar dari hal negatif dengan aktif ke arah yang positif. Ada tiga program
yang saling berkaitan guna mencegah TRIAD KRR di sekolah yaitu sosialisasi,
bimbingan konseling, dan peringatan hari HIV/AIDS Sedunia. Faktor pendukung
internal, kekompakan pengurus PIK-R Grasetya dan dukungan Kecamatan adalah
faktor pendukung internal untuk menjalankan setiap program. Selain itu, faktor
pendukung eksternal PIK-R Grasetya adalah PIK-R Kabupaten yang membantu
penyuluh PIK-R dalam memecahkan masalah yang tidak dapat ditangani oleh PIK￾R Grasetya sendiri. Faktor penghambat PIK-R Grasetya terbagi menjadi dua
kategori. Faktor penghambat internal adalah proses adaptasi pergantian ketua.
Faktor penghambat eksternal adalah jadwal sosialisasi PIK-R Grasetya dengan
kegiatan penyuluh atau narasumber bersamaan dengan faktor penghambat eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060113 Synthetic Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Silvia Eka Prasanti
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:10
Last Modified: 28 Dec 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item