IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA PERKAWINAN DINI DI KECAMATAN KLAKAH KABUPATEN LUMAJANG MENURUT TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM

Rif'ah, Mualifah (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA PERKAWINAN DINI DI KECAMATAN KLAKAH KABUPATEN LUMAJANG MENURUT TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FIX RIF’AH MUALIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Kabupaten Layak Anak, Pernikahan Dini, Hukum Islam

Peraturan Kabupaten Layak Anak diharapkan dapat mempermudah orang tua, masyarakat, maupun pemerintah desa untuk memenuhi dan melindungi hak hak anak secara langsung. Keluarga, masyarakat, dan negara memeliki peran yang sama sama penting dalam mewujudkannya.  Adapun pemerintah sebagai agen sosialisasi yang bersifat formal juga memiliki kewajiban untuk menyampaikan segala pembaruan hukum. Yang mana hal ini disesuaikan dengan peraturan pemerintah mengenai perkawinan yang tidak mengizinkan anak dibawah umur untuk melangsungkan perkawinan.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana penerapan Kabupaten Layak Anak di kec. Klakah kab. Lumajang ? 2. Bagaimana Pandangan Hukum keluarga Islam terhadap penerapan Kabupaten Layak Anak di Kecamatan Klakah ? 3. Apa saja upaya pemerintah dalam menerapkan Kabupaten Layak Anak dalam menangani tingginya angka perkawinan dini di kec. Klakah kab. Lumajang?.

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui penerapan Peraturan Kabupaten Layak Anak dalam menangani perkawinan dini di kec. Klakah kab. Lumajang. 2. Untuk mengetahui pandangan hukum keluarga Islam terhadap penerapan Kabupaten Layak Anak di Kecamatan Klakah. 3. Untuk mengetahui upaya pemerintah dalam menerapkan Kabupaten Layak Anak dalam menangani tingginya angka perkawinan dini di kec. Klakah kab. Lumajang.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumenter. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode/teknik. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekumder.

Hasil penelitian : 1. Bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah tersebut di kecamatan Klakah adalah terlaksana namun tidak berimpact serius pada beberapa aspek tujuannya. 2. Bahwa menurut Hukum Keluarga Islam terkait persoalan perkawinan dini tidak ada keharaman yang tersurat. Namun kedewasaan calon mempelai lebih diutamakan daripada umur. 3. Bahwa upaya khusus dalam persoalan perkawinan dini di kecamatan Klakah adalah dengan melakukan beberapa bimbinga Namun nyatanya, upaya ini tidak memberi dampak yang signifikan dalam mengurangi tingkat perkawinan dini di kecamatan Klakah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Mrs Rif'ah Mualifah
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:56
Last Modified: 28 Dec 2023 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31087

Actions (login required)

View Item View Item