PENERAPAN MEDIA CANVA DALAM PENGENALAN HURUF DAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHODIJAH 129 PONDOKNONGKO KABAT BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sulha, Agisna (2024) PENERAPAN MEDIA CANVA DALAM PENGENALAN HURUF DAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHODIJAH 129 PONDOKNONGKO KABAT BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agisna Sulha watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Media Canva dalam Pengenalan Huruf dan Angka. Canva merupakan alat bantu desain dan publikasi online. Canva juga menyediakan berbagai contoh desain untuk digunakan. Dengan fitur yang disediakan canva dapat menarik perhatian siswa sehingga mudah untuk memahami materi dan memberikan peningkatan terhadap pengenalan huruf dan angka pada anak usia dini.
Fokus Penelitian ini yaitu apakah pembelajaran menggunakan media canva dapat menambah pengenalan siswa terhadap huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah pengenalan huruf dan angka pada anak usia dini di TK Khodijah 129 Pondoknongko dengan penerapan media canva.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian Kelompok B di TK Khodijah 129 Pondknongko. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis deskiptif presentase, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Pembelajaran menggunakan media canva dalam pengenalan huruf dan angka dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaukan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya ada tiga pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup 2) peningkatan terhadap pengenalan huruf dan angka pada tahap pra siklus yang nilai rata-ratanya sebesar 74, kemudian meningkat pada tahap siklus I menjadi 81,11 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 93. Begitu juga hasil persentase siswa yang berhasil pada setiap siklusnya juga meningkat. Persentase hasil keberhasilan 48% (13 siswa) pada prasiklus dan 59% (16 siswa) pada siklus I kemudian 92% (25 siswa) pada siklus II.
Kata Kunci : Canva, Pengenalan Huruf dan Angka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design
Depositing User: Ms Agisna Sulha
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:30
Last Modified: 27 Dec 2023 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item View Item