Pola komunikasi interpersonal guru kelas dan siswa disabilitas grahita dalam meningkatkan kemandirian di sekolah luar biasa negeri jember

fauziyah, mamluatul (2023) Pola komunikasi interpersonal guru kelas dan siswa disabilitas grahita dalam meningkatkan kemandirian di sekolah luar biasa negeri jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI - MAMLUATUL FAUZIYAH - WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siswa disabilitas grahita merupakan anak yang mengalami suatu kondisi keterbelakangan mental intelektual, sehingga mengakibatkan mereka mengalami beberapa hambatan diantaranya kesulitan dalam komunikasi dan kemandiriannya. Oleh sebab itu, guru kelas di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember harus menggunakan pola komunikasi interpersonal yang sesuai dengan kemampuan setiap siswa disabilitas grahita untuk meningkatkan kemandirian mereka.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola komunikasi interpersonal guru kelas dan siswa disabilitas grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember? 2) Bagaimana cara guru kelas dalam meningkatkan kemandirian siswa disabilitas grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan mendeskripsikan pola komunikasi yang terjadi antara guru kelas dan siswa disabilitas grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember 2) Mengetahui dan mendeskripsikan cara yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan kemandirian siswa disabilitas grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur, dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Deskripsi hasil dari penelitian ini adalah: pola komunikasi interpersonal guru kelas dan siswa disabilitas grahita adalah menggunakan, 1) menggunakan pola komunikasi diadik, 2) menggunakan komunikasi verbal disertai komunikasi non verbal yang dilakukan bersamaan. Cara guru kelas dalam meningkatkan kemandirian siswa disabilitas grahita adalah 1) melatih kemandirian di sekolah dengan bina diri serta berkoordinasi dengan orangtua agar kemandirian juga diajarkan di rumah, 2) membiasakan menggunakan konteks bahasa yang jelas, mudah dipahami dan singkat agar siswa tidak perlu di arahkan di tunjuk-tunjuk seperti anak kecil.
Kata Kunci: komunikasi interpersonal; guru kelas; disabilitas grahita; kemandirian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mamluatul Fauziyah
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:13
Last Modified: 28 Dec 2023 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item