Peran Pengurus Pada Pelaksanaan Konseling Sebaya Dalam Menangani Maladjusment Santir (Studi Deskriptif Pondok Pesantren Darussholah jember)

Zumdan Naufani Filalba, Zumdan (2023) Peran Pengurus Pada Pelaksanaan Konseling Sebaya Dalam Menangani Maladjusment Santir (Studi Deskriptif Pondok Pesantren Darussholah jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq.

[img] Text
Zumdan Naufani Filalba-D20183072.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://opac.uinkhas.ac.id

Abstract

ABSTRAK
Zumdan Naufani Filalba, 2023: Peran Pengurus Sebagai Konselor Sebaya Dalam Menangani Maladjusment Santri (Studi Deskriptif Pondok Pesantren Darussholah Jember)
Kata Kunci: Konselor Sebaya, Maladjustment, Santri
Konseling sebaya di Pondok Pesantren Darussholah tidak dirumuskan secara sistematis, akan tetapi pada pelaksanaannya, konseling sebaya dilakukan oleh pengurus pesantren yang disebut juga sebagai ISMADA yang tergolong masih sebagai seorang santri atau peserta didik yang masih mengenyam bangku sekolah di lembaga Darussholah. Penelitian ini akan memfokuskan pelaksanaan konseling sebaya untuk mengatasi problematika maladjustment yang terjadi pada santri baru di Pondok Pesantren Darussholah Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa bentuk maladjustment yang dialami oleh santri Pondok Pesantren Darussholah?, 2) Bagaimana peran pengurus sebagai konselor sebaya di Pondok Pesantren Darussholah Jember dalam menangani santri yang mengalami maladjustment?, 3) Apa dampak konseling sebaya bagi santri yang mengalami maladjustment di Pondok Pesantren Darussholah?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan bentuk maladjustment yang dialami oleh santri Pondok Pesantren Darussholah. 2) Untuk mendeskripsikan peran pengurus pada pelaksanaan konseling sebaya di Pondok Pesantren Darussholah Jember dalam menangani santri yang mengalami maladjustment. 3) Untuk mengetahui dampak konseling sebaya bagi santri yang mengalami maladjustment di Pondok Pesantren Darussholah.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lokasi Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Melalui tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi, penjabaran dan penarikan kesimpulan terhadap data. Dan menggunakan metode triangulasi sebagai teknik mencari keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada tiga simpulan yaitu: 1) Bentuk maladjustment yang dialami oleh santri Pondok Pesantren Darussholah memiliki tiga bentuk yaitu Pertama reaksi melarikan, Kedua reaksi bertahan, Ketiga adalah reaksi menyerang. 2) Peran pengurus sebagai konselor sebaya di Pondok Pesantren Darussholah Jember dalam menangani santri yang mengalami maladjustment adalah sebagai pengontrol terkendalinya tahapan konseling sebaya berupa Tahapan pertama yaitu pemilihan konselor sebaya. Tahapan kedua yaitu briefing atau pembekalan kepada konselor sebaya. Tahap ketiga adalah pelaksanaan konseling sebaya dengan melakukan pendekatan kultural dan senantiasa menjadi pendamping santri maladjustment. 3) Dampak konseling sebaya bagi santri yang mengalami maladjustment di Pondok Pesantren Darussholah adalah terbantunya seseorang dalam menjalani kehidupannya di pesantren. Seseorang juga merasa mendapatkan dukungan personal. Dan membantu untuk memberikan solusi dalam memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Zumdan Naufani Filalba
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:45
Last Modified: 28 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item