Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Pengembangan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji Kabupaten Jember

Qurrotu Ayun, 203206010006 (2023) Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Pengembangan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji Kabupaten Jember. Masters thesis, Pascasarjana UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
AYUN TESIS_WATERMARK.pdf

Download (22MB)

Abstract

Qurrotu Ayun, 2023: Judul Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Peningkatan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji Jember
Kata Kunci: Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Peningkatan Kemandirian Santri.
Sumber daya pendidik dan kependidikan merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan dan daya. Semua potensi sumber daya manusia tersebut pasti akan mempengaruhi terhadap upaya organisasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Meskipun majunya suatu tehnologi, perkembangan informasi, tersedianya modal yang memadai, tetapi jika tidak ditunjang oleh sumber daya manusia yang mumpuni, maka akan sulit bagi organisasi akan berkembang dengan baik dan mampu mencapai tujuannya. Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan, rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji?; 2) Bagaimana orientasi dan penempatan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji?; 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji?.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan, rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji; 2) Untuk mendeskripsikan orientasi dan penempatan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji; 3) Untuk mendeskripsikan pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan kemandirian santri di Pondok Pesantren Raudlotul Athfal Rambipuji;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) Observasi partisipasi pasif (2) Wawancara semi terstruktur dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dan member check.
Hasil penelitian ini (1) Perencanaan, Rekrutmen dan seleksi Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Analisis kebutuhan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan yang dikelola langsung oleh pengasuh; strategi impelementasi rekrutmen yang terbatas dengan mengutamakan sumber daya internal; dan Seleksi sumber daya pendidik dengan tes baca Al-Quran dan keterampilan yang dimiliki l; (2) orientasi Dan Penempatan Sumber Daya Pendidik meliputi pengumuman hasil seleksi melalui email atau whatsapp dan Pelamar hadir ke Lembaga, dikenalkan langsung oleh pengasuh kepada unit-unit kerja dan menandatangani kontrak kerja yang akan diperpanjang setiap tahunnya; (3) Pembinaan Dan Pengembangan Manajemen Sumberdaya Pendidik meliputi: pengembangan keilmuan yang berupa pelatihan mengajar yang di bombing langusng oleh pengasuh, seminar dan workshop tentang life skills dan soft skills baik di dalam pesanren dan diluar pesantren, pembinaan secara spiritual melalui program manaqib yang dilaksankaan sebulan sekali diminggu ke tiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email qurrotaayun1604@gmail.com
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:49
Last Modified: 27 Dec 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31102

Actions (login required)

View Item View Item