Praktik Bekam Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember (Studi Living Hadis).

Bachni, Real Mohammad (2023) Praktik Bekam Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember (Studi Living Hadis). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Real Revisi Sidang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengobatan Tibbun Nabawi yang ada di desa Ajung yaitu pengobatan bekam. Walaupun ada jenis pengobatan yang di anjurkan oleh Rasul di desa Ajung, kita sebagai umat-Nya setidaknya tahu akan dasar hukum (hadis) dari pengobatan tersebut. Dan di desa Ajung masih belum tahu bagaimana pemahaman masyarakat mengenai hadis tentang bekam, hal ini seperti yang termuat dalam penjelasan penelitian peneliti mengenai “Praktik Bekam Di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember (Studi Living Hadis)”.
Fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana praktik bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pemahaman praktisi dan pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember tentang hadis bekam? 3) Bagaimana alasan masyarakat atau pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember memilih alternatif bekam?. Adapun tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan praktik bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, 2) Untuk mengetahui pemahaman praktisi dan pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember tentang hadis bekam, 3) Untuk mengetahui alasan masyarakat atau pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember memilih alternatif bekam.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang nantinya akan menghasilkan makna yang dihayati oleh subjek yang diteliti. Ditambah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menambah dan memperkuat data.
Penelitian ini pada tahap kesimpulan: 1) Praktik bekam di Desa Ajung Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember pada prolsels pellaksanaannya tidak terdapat perbedaan secara signfikan dari selgi tujuan, telkhnik dan prolseldur belkam yang dilakukan antara zaman nabi dan sekarang. Perbedaan praktik belkam antara zaman dahulu dan sekarang adalah adanya kolmbinasi bekam delngan ilmu dan alat meldis yang sudah lelbih canggih. 2) Pemahaman praktisi dan pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember tentang hadis bekam secara umum terkategorikan ke dalam pemahaman tekstual. Meskipun terdapat dua informan yang menafsirkan hadis bekam secara kontekstual, akan tetapi pemahaman tersebut tidak terlepas dari teks hadis itu sendiri. 3) Alasan masyarakat atau pasien bekam di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember memilih alternatif bekam terbagi menjadi tiga alasan yaitu Pelrtama adalah karelna pasieln melmiliki pelmahaman telrhadap hadis. Keldua, belbelrapa pasieln belralasan karelna keldelkatan elmolsiolnal. Keltiga, alasan pasieln melmilih belkam selbagai altelrnatifl pelngolbatan didasarkan pada aspelk belkam yang selcara elkolnolmis dapat dijangkau ollelh seltiap kalangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences > 119999 Medical and Health Sciences not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Real Mohammad Bachni
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:45
Last Modified: 10 Jan 2024 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31103

Actions (login required)

View Item View Item