Inovasi Produk Berbasis Komunitas Dalam Rangka Penetrasi Pasar Oleh Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER)

Rahayu, Sri (2023) Inovasi Produk Berbasis Komunitas Dalam Rangka Penetrasi Pasar Oleh Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SRI RAHAYU_E20182214.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sri Rahayu, Nur Ika Mauliyah, 2023: Inovasi Produk Berbasis Komunitas Dalam Rangka Penetrasi Pasar Oleh Komunitas Percetakan Dan Sablon Jember (Pesabber).
Dalam dunia paradigma bisnis pada masa ini telah membuka arus pasar bebas yang lebih umum, yang berdampak meningkatkan persaingan bisnis antar perusahaan. Keunggulan kompetitif setiap perusahaan harus dicapai supaya tidak tergerus dengan dinamika perubahan bisnis. Salah satunya dengan cara inovasi. Inovasi bukanlah tujuan, melainkan proses terus menerus yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang dinamis. Bagi setiap organisasi inovasi dapat dipandang dengan cara produk yang diperlukan untuk mempertahankan proses organisasional.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana inovasi produk berbasis komunitas dalam penetrasi pasar yang dilakukan oleh Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER), 2) Bagaimana peluang dan tantangan inovasi produk berbasis komunitas dalam Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER).
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisa bagaimana inovasi produk berbasis komunitas dalam penetrasi pasar yang dilakukan oleh Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER), 2) Untuk menganalisa bagaimana peluang dan tantangan inovasi produk berbasis komunitas dalam Komunitas Percetakan dan Sablon Jember (PESABBER).
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Inovasi produk dalam komunitas PESABBER dilakukan dengan cara memberikan perubahan terhadap teknologi yang di pakai serta perubahan terhadap mudulasi/karakteristik sebuah produk, ukuran serta desain produk dan metode agar anggota komunitas siap berhadapan dengan inovasi baru. Selain hal tersebut, komunitas PESABBER juga melakukan pertemuan rutin untuk membahas perkembangan teknologi, metode pemasaran serta design yang Nge-tren dipasaran, hingga tidak jarang pula melakukan sistem kerja sama usaha dengan bagi hasil yang telah disepakati antara anggota satu dengan anggota lainnya. Sehingga para pengusaha Percetakan dan Sablon Jember berinovasi dalam mengembangkan produknya serta dapat meningkatkan penjualan dan mampu membawa perusahaan terus berkembang. 2) Peluang yang didapat anggota ketika bergabung didalam Komunitas PESABBER ialah terdiri dari: Mentor yang berpengalaman, Pelatihan mengenai Skill, serta relasi yang dapat membantu kita jika terdapat over pesanan atau problem lainnya. Sedamgkan tantangan yang muncul dalam usaha percetakan maupun sablon ialah permodalan yang di miliki, seorang mentor yang mumpuni serta skill yang digunakan dalam proses produksi, metode pemasaran, kesiapan SDM dalam menggunakan teknologi baru baik yang manual maupun digital.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Organisasi, Pentrasi Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sri Rahayu
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:16
Last Modified: 27 Dec 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item