Dampak pengembangan wisata pemandian patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata kecamatan tanggul kabupaten jember

An, nuriyah (2023) Dampak pengembangan wisata pemandian patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata kecamatan tanggul kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNURIYAH_E20192207.pdf

Download (3MB)

Abstract

Annuriyah, H. Saihan 2023. Dampak Pengembangan Wisata Pemandian Patemon Terhadap Ekonomi Pada Masyarakat Sekitar Wisata Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Wisata, Pengembangan Wisata, Ekonomi Masyarakat
Wisata adalah perjalanan yang dilakukan sementara dari tempat tinggal ke tempat tujuan wisata hanya untuk bersenang-senang. Saat ini sektor pariwisata menjadi sektor penting dalam pembangunan ekonomi, setiap wisata memiliki potensi baik potensi alam, buatan, dan budaya yang dapat dkembangkan dan memerlukan penanganan agar menjadi daya tarik wisata. Di Indonesia terdapat berbagai jenis wisata salah satunya wisata air.
Fokus masalah dalam penelitian ini mengenai tentang: 1) Bagaimana dampak pengembangan wisata pemandian Patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pengembang wisata pemandian Patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dampak pengembangan wisata pemandian Patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan wisata pemandian Patemon terhadap ekonomi pada masyarakat sekitar wisata Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian field research. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini 1) Pengembangan obyek wisata yang baik akan menghasilkan pendapatan ekonomi yang baik. Dampak pengembangan wisata terhadap ekonomi antara lain membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar wisata Patemon sebagai karyawan, bagian pelayanan loket, penjaga parkir, dan berjualan di lingkungan wisata. Meningkatkan ekonomi utamanya bagi para penjual makanan dan minuman sehingga dapat memnuhi kebutuhan hidup sehari-sehari. 2) Faktor pendukung pengembangan wisata, pemandian patemon memiliki ciri khas yaitu airnya yang tidak menggunakan bahan kimia kaporit untuk menjernihkan air, sangat dingin, air berasal dari lereng Gunung Argopuro, dan lingkungan wisata masih sejuk serta asri. Faktor penghambat, kurangnya kesadaran masyarakat serta kerja sama dalam mengembangkan wisata menjad lebih baik, kurangnya wahana main anak, adanya pengnjung yang lalai tidak membuang sampah pada tempatnya sehingga mengganggu pemandangn lingkungan wisata, dan akses menuju tempat wisata yang jauh namun tidak semua pengunjung menjadikan jarak dari rumah ke tempat wisata sebagai hambatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Depositing User: Nn An nuriyah
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:49
Last Modified: 28 Dec 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item