PENGARUH DOMPET DIGITAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MENTAL ACCOUNTING PADA SANTRIWATI PPTQ. EBQORY JEMBER

Hidayati, Badriya Nurul (2023) PENGARUH DOMPET DIGITAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MENTAL ACCOUNTING PADA SANTRIWATI PPTQ. EBQORY JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badriya Nurul Hidayati _E20193109.pdf

Download (3MB)

Abstract

Revolusi 4.0 merupakan era yang melatar belakangi terwujudnya sistem pembayaran dari offline ke online yang dikemas dalam aplikasi dompet digital. Hingga saat ini dompet digital semakin menjadi metode pembayaran yang paling dipilih masyarakat Indonesia. Fitur kemudahan yang diberikan dompet digital menjadi penyebab timbulnya perilaku konsumtif bagi pengguna. Pola konsumsi yang berlebihan dalam islam dikenal dengan istilah israf yang harus dihindari bagi setiap mukmin. Pada pikiran manusia terdapat proses akuntansi seperti analisis transaksi, pembukuan, dan evaluasi pengambilan keputusan dalam melakukan konsumsi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dompet digital dan religiusitas berpengaruh secara parsial maupun simultan pada Mental accounting pada santriwati PPTQ. Ebqory Jember.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk menganalisis pengaruh dompet digital dan religiusitas secara parsial maupun simultan terhadap Mental accounting pada santriwati PPTQ. Ebqory Jember.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif explanatory reseach dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan 40 responden. Pengambilan sampel dilakukan teknik sampling jenuh, sedangkan pengambilan data dengan cara observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dalam bentuk angka dan perhitungan data dengan aplikasi SPSS versi 25.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) dompet digital berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Mental accounting pada santriwati PPTQ. Ebqory Jember, 2) religiusitas berpengaruh positif singifikan secara parsial terhadap Mental accounting pada santriwati PPTQ. Ebqory Jember, 3) dompet digital dan religiusitas secara simultan signifikan berpengaruh terhadap Mental accounting pada santriwati PPTQ. Ebqory Jember.

Kata Kunci: Dompet Digital, Religiusitas, Mental accounting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Badriya Nurul Hidayati
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:38
Last Modified: 28 Dec 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item