PERTIMBANGAN HAKIM PADA PENETAPAN PERKARA PERMOHONAN DISPENSASI KAWIN DALAM KEADAAN HAMIL PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI’AH (Studi Penetapan Pengadilan Agama Jember No 917/Pdt.P/2021/ PA.Jr)

Safitri, Silvi Eka (2023) PERTIMBANGAN HAKIM PADA PENETAPAN PERKARA PERMOHONAN DISPENSASI KAWIN DALAM KEADAAN HAMIL PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI’AH (Studi Penetapan Pengadilan Agama Jember No 917/Pdt.P/2021/ PA.Jr). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVI EKA SAFITRI_S20191066.pdf

Download (8MB)

Abstract

Silvi Eka Safitri, 2023: Pertimbangan Hakim Pada Penetapan Perkara Permohonan Dispensasi Kawin Dalam Keadaan Hamil Perspektif Maqashid Al-Syari’ah (Studi Penetapan Pengadilan Agama Jember No 917/Pdt.P/2021/ Pa.Jr)
Kata kunci: Dasar Pertimbangan Hakim, Dispensasi Kawin, Maqashid Al-Syari’ah Jamaluddin Athiyah
Pada kasus pemberian dispensasi kawin bagi orang dalam keadaan hamil diluar nikah ini hakim sangat jarang untuk tidak mengabulkan permohonanya, dan ini sangat berdampak pada tingginya tingkat permohonan dispensasi kawin yang disebabkan oleh keadaan hamil diluar nikah, padahal secara teori mengantarkan bahwa orang yang diberi dispensasi kawin akan menjadi keluarga yang tidak sakinah. Maka dari itu, konsep maqashid al-syari’ah Jamaluddin Athiyah penting dalam tujuan perkawinan.
Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana dasar pertimbangan hakim pertimbangan hakim atas dikabulkannya permohonan dispensasi kawin pada Penetapan no 917/Pdt.P/2021 Pengadilan Agama Jember ? 2) Bagaimana perspektif Maqashid Al-Syari’ah Jamaluddin Athiyah tentang dasar pertimbangan hakim pada penetapan no 917/Pdt.P/2021 Pengadilan Agama Jember ?. Adapun tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan dispesnsasi kawin yang tertera pada penetapan no 917/pdt.p/2021 pengadilan agama jember. 2) untuk mengetahui lebih dalam terkait dispensasi kawin berdasarkan perspektif maqashid al-syari’ah jamaluddin athiyah tentang dasar pertimbangan hakim.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka (Library research), dan sumber data primer peneliti penetapan Pengadilan Agama Jember Nomor 917/Pdt.P/2021/Pa.Jr dan undang-undang dan data sekunder berupa buku-buku terkait studi, jurnal, artikel, website, dll.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Dasar pertimbangan hakim yang digunakan dalam menetapkan perkara permohonan dispensasi kawin dalam keadaan hamil pada no 917/Pdt.P/2021/PA.Jr. Hakim pengadilan agama jember secara besar dalam mengabulkan perkara tersebut mengacu pada undang-undang dan dalil/kaidah dengan mempertimbangkan kemudharatan bagi wanita yang sudah hamil dan kebaikan bagi janin atau bayi yang sedang dikandung oleh calon anak pemohon. 2) Dalam perspektif maqasid syariah teori Jamaluddin Atthiyah mengenai pertimbangan hakim di dalam penetapan no 917/Pdt.P/2021/Pa.Jr yang sejalan dengan tujuan maqasid syariah melalui beberapa aspek yaitu, (a) Mengatur hubungan antara laki-laki dan perempuan, (b) Melindungi keturunan, (c) Menggapai sakinah mawaddah warahmah, (d) Memelihara garis keturunan, (e) Melindungi agama anggota keluarga, (f) Mengorganisir aspek kelembagaan keluarga, (g) Pengaturan aspek keuangan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Silvi Eka Safitri
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:53
Last Modified: 28 Dec 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31131

Actions (login required)

View Item View Item