Prospek Budidaya Udang Vannamei Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Tambak Di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.

Masruroh, Nurul (2023) Prospek Budidaya Udang Vannamei Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Tambak Di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Masruroh_E20192049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurul Masruroh, Moch. Chotib, 2023: Prospek Budidaya Udang Vannamei dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Tambak di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Kata Kunci: Budidaya Udang, Pendapatan Petani

Budidaya udang merupakan kegiatan terencana pemeliharaan udang yang dilakukan di areal tambak dengan tujuan memperoleh manfaat dan hasil panen.Udang vannamei, dikenal sebagai udang Litopenaeus Vannamei, udang vannamei memiliki daya tarik karena kekebalannya terhadap penyakit dan tingkat produktivitasnya yang tinggi. Di Indonesia, udang vannamei juga dikenal sebagai udang kaki putih. Udang vannamei memiliki tubuh yang dilapisi oleh kulit keras yang tipis dengan warna putih kekuningan serta kaki yang berwarna putih. Dibandingkan dengan udang windu, ukuran tubuh udang vannamei lebih kecil pendapatan adalah penghasilan berupa uang yang diterima selama periode tertentu.

Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana prospek budidaya udang di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang? (2) Bagaimana pendapatan petani udang vannamei di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang?

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan prospek budidaya udang di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. (2) Mendeskripsikan pendapatan petani udang vannamei di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk kebsahan data menggunakan triangulangi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa, (1) Prospek budidaya udang di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang menunjukkan potensi yang signifikan untuk meningkatkan pendapatan petani tambak. Meskipun hasil penelitian mencatat fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca, namun secara keseluruhan, aktivitas budidaya udang memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal. (2) Pendapatan petani udang vannamei di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang menyoroti bahwa budidaya udang tidak selalu menghasilkan peningkatan pendapatan yang konsisten. Fluktuasi pendapatan yang diamati dalam tiga tahun terakhir menunjukkan ketergantungan yang signifikan pada faktor cuaca. Meskipun terdapat periode peningkatan pendapatan, namun perubahan kondisi cuaca dapat mengakibatkan penurunan yang cukup tajam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email nurulmasruroh1234@gmail.com
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:57
Last Modified: 28 Dec 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item