Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Tanggul Jember

Rizky Adi Susanto, Rizky (2023) Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi_Rizky_new[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam melakaksanakan pembelajaran guru yang mendesain semua jalannya proses pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan dan bisa diterima dengan baik oleh siswa maka dari itu solusi model pembelajaran yang sesuai dan di gunakan guru adalah model pembelajaran inkuiri terpimpin dan bebas.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terpimpin dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 tanggul Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran inkuiri bebas dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 tanggul jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terpimpin dan model pembelajaran inkuiri bebas dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan Hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terpimpin dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dilakukan KD 3.1 pada materi bentuk-bentuk kerjasama antara negara ASEAN pelaksanaanya meliputi tiga tahapan yaitu: Tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Dan langkah-lankgah pelaksanaan yaitu: menyajikan permasalahan, merancang hipotesis, menganalisis data, mengumpulkan data dan membuat kesimpulan 2) Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri bebas dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanggul dilakukan pada KD 4.2 materi pelaku ekonomi langkah-langkah yaitu: menyajikan pertanyaan atau masalah, membuat hipotesis dan merancang percobaan, melakukan percobaan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan.

Kata Kunci: Pelaksanaan Model Inkuiri, Pembelajaran IPS, Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Rizky Adi Susanto
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:42
Last Modified: 28 Dec 2023 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31144

Actions (login required)

View Item View Item