Penerapan Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Simpanan Deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha Jember

Nilawati, Diah (2023) Penerapan Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Simpanan Deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diah Nilawati_E20171164.pdf

Download (3MB)

Abstract

Diah Nilawati. Moch. Chotib,2023 : “Penerapan Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Simpanan Deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha Jember.”
Relationship Marketing adalah salah satu cara perusahaan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan agar melakukan pembelian kembali baik produk yang ditawarkan atau jasa yang ditawarkan. Dalam menerapkan relationship marketing, BPR dirasa harus menjalin hubungan baik dengan nasabah baik nasabah lama maupun nasabah baru. Menjalin hubungan baik dengan nasabah bisa dilakukan dengan cara menjalin komunikasi dengan baik. Menjalin komunikasi yang dimaksud adalah dengan cara menanyakan kabar, memberikan penarawaran produk-produk terbaru yang belum diketahui oleh nasabah, dan bisa bernegosiasi dengan nasabah terutama nasahab lama. Dengan adanya penerapan relationship marketing bisa mendapatkan nasabah yang loyal terhadap produk tersebut. Loyalitas nasabah adalah wujud dari kesetiaan seseorang terhadap suatu produk atau jasa. Selain itu, BPR dalam menerapkan relationship marketing juga mengalami beberapa kendala. Kendala yang dialami seperti persaingan antar lembaga keuangan dalam menawarkan produk-produknya.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah simpanan deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha? 2) Apa kendala dalam penerapan relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah simpanan deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah simpanan deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha. 2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah simpanan deposito di PT BPR Ambulu Dhanaartha.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan tringagulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah ini adalah: 1) Penerapan relationship marketing di PT BPR Ambulu Dhanaartha telah sesuai dengan cara membangun relationship marketing, yaitu a) Mengidentifikasi pelanggan, b) Membedakan pelanggan, c) Berinteraksi dengan pelanggan, d) Melakukan pembiasaan. Selain itu cara yang dilakukan BPR yaitu membangun komunikasi dengan baik kepada nasabah dan mengoptimalkan pemasaran produk. 2) Kendala dalam penerapan relationship marketing yaitu dari segi persaingan antar BPR dengan Bank umum dalam memasarkan produknya.

Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah, Kendala

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Diah Nilawati
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:53
Last Modified: 28 Dec 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31145

Actions (login required)

View Item View Item