Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita"

Nurlailia, Ismi Putri (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita". Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ISMI PUTRI NURLAILIA _T20191258.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam adalah semua aspek yang terdapat dalam pendidikan Islam termasuk pendidikan akidah, ibadah dan akhlak yang dapat membentuk pribadi manusia sebagai makhluk individu, beragama, dan berbudaya sosial. Nilai tersebut dapat diperoleh dari tayangan film. Film ini merupakan salah satu media pada saat ini yang memiliki potensi dalam menyampaikan pesan termasuk pesan pendidikan Islam melalui alur cerita, visualisasi, karakter dan dialog tokoh. Oleh karena itu penting dalam memahami nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film ini sehingga bisa berdampak positif bagi penontonnya. Salah satu film yang banyak diminati dan terdapat nilai pendidikan Islam yang dapat dijadikan referensi oleh generasi saat ini yakni film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini sebagai berikut. 1) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”? 2) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek ibadah dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”? 3) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”?
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”; untuk mendeskripsikan analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek ibadah dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”; untuk mendeskripsikan analisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data primer meliputi film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”, sedangkan data sekunder yaitu melakukan studi pustaka, buku-buku, internet dan lainnya. Analisis data menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Keabsahan data yang digunakan yaitu ketekunan atau keajegan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek akidah ruang lingkup tauhid adalah tidak mempercayai tahayul dan menolak kekerasan dalam rumah tangga. Nilai-nilai pendidikan Islam aspek terdapat ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdah. Ibadah mahdah meliputi mengingatkan salat. Ibadah ghairu mahdah meliputi ajaran dalam menikah, memberi nafkah istri, dan mencari rezeki halal. Nilai-nilai pendidikan Islam aspek
akhlak terdapat akhlak kepada diri sendiri yaitu ajaran untuk optimis, ajaran berperilaku jujur, bertanggung jawab, menjauhkan diri menjadi pekerja seksual, dan tidak berperilaku bohong. Akhlak kepada keluarga yaitu sopan kepada suami, tidak menggugurkan kandungan, dan tidak berselingkuh. Akhlak kepada sesama yaitu ramah kepada sesama, ajaran menjawab salam, memberi semangat kepada
sesama, tolong menolong, dan sopan kepada yang lebih tua.
Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ismi Putri Nurlailia
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:31
Last Modified: 28 Dec 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item