Uswatun Hasanah, Hilmi Manbaul Hikam (2023) Pengembangan Media Counting Box Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Sampangan Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi fix Hilmi Manbaul Hikam.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pada penelitian pengembangan media counting box ini, peneliti memilih
pembelajaran matematika materi penjumlahan kelas 1 di MI Miftahul Ulum
Sampangan Muncar Banyuwangi. Karena media counting box materi penjumlahan
perlu diadakannya pengembangan karena masih kurang dalam menggunakan
media dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan media
pembelajaran, baik dari segi merancang atau mengembangkan media
pembelajaran. Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sulit
untuk dipahami hanya melalui buku saja, perlunya media pembelajaran untuk
mendampingi proses pembelajaran berlangsung.
Rumusan masalah dalam pengembangan media Counting box, yaitu: 1)
Bagaimana proses pengembangan media counting box pada mata pelajaran
matematika untuk siswa kelas 1 MI Miftahul Ulum Sampangan Muncar
Banyuwangi, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran
counting box pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas 1 MI Miftahul
Ulum Sampangan Muncar Banyuwangi.
Penelitian pengembangan media counting box ini bertujuan: 1) Menghasilkan
produk yang berupa media pembelajaran counting box pada mata pelajaran
matematika untuk siswa kelas 1 MI Miftahul Ulum Sampangan Muncar
Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran counting box
pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas 1 MI Miftahul Ulum
Sampangan Muncar Banyuwangi.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development
(RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah
pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4)
Implementasi, 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran counting box dengan
menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli.
Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 94%. Sedangkan
kevalidan ahli materi sebesar 91% dan ahli pembelajaran sebesar 98%. Dari
keseluruhan prosentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung
prosentase rata-rata yaitu sebesar 94% dengan kualifikasi valid dan layak
digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Depositing User: | Hilmi Manbaul Hikam Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:16 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31152 |
Actions (login required)
View Item |