STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JEMBER

Subur Putri, Wahidatul Munawaroh (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi revisi wahid WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wahidatul Munawaroh Subur Putri, 2023: Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik
Peran kepala madrasah sebagai figur pemimpin di lembaga pendidikan sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya peserta didik memperoleh prestasi yang memuaskan. Upaya peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa tidak terlepas dari pengawasan kepala madrasah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa agar bisa menjadi madrasah yang berakhlak, berilmu, dan berprestasi.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik siswa di MTsN 10 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan Menganalisis Perencanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi AKademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember. 2) Mendeskripsikan dan Menganalisis Pelaksanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember. 3) Mendeskripsikan dan Menganalisis Evaluasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah sebagai berikut; kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk analisis keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Kepala Madrasahb dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember yaitu meningkatkan kinerja tenaga pendidik. dengan adanya pelatihan atau workshop, bimtek, dan juga adanya kegiatan MGMP. 2) Pelaksanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember dilakukan dengan menerapkan sikap keteladanan, serta pengelompokan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. 3) Evaluasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di MTsN 10 Jember Melakukan rapat evaluasi bersama para stakeholder madrasah guna meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Student Perpustakaan uinkhasjember
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:26
Last Modified: 28 Dec 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31172

Actions (login required)

View Item View Item