IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 PANTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Faizal, Ahmad (2023) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 PANTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Faizal _T20191228.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Faizal, 2023. “Implementasi Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Tahun Pelajaran 2023/2024”.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu menggunakan metode agar guru mudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kegiatan pembelajaran aktif sesuai dengan tujuan pembelajaran. faktanya, hasil wawancara penulis dengan guru pendidikan agama islam dan budi pekerti SMP Negeri 1 Panti terdapat problem yang perlu diatasi yaitu 1) turunnya minat belajar peserta didik disebabkan oleh malas belajar, mencatat materi dan bosan selama pembelajaran 2) model atau metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional.
Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024 ? 2) bagaimana pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024 ? 3) bagaimana evaluasi metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024 ?
Tujuan penelitian ini skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024, 2) mendeskripsikan pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024, 3) mendeskripsikan evaluasi metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian skripsi ini di SMP Negeri 1 Panti. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) perencanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
viii
meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024, dilakukan dengan cara: membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan materi pelajaran, menentukan sumber/media pembelajaran, menentukan metode pembelajaran dan diakhiri dengan persiapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 2) pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024, dilakukan melalui tiga tahap. Kegiatan pendahuluan: membuka pembelajaran, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan. Kegiatan inti: menyampaikan materi pelajaran dikolaborasikan dengan metode mind mapping, media pembelajaran, membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok, membimbing kelompok untuk kerjasama. Kegiatan penutup: menyimpulkan hasil pembelajaran. refleksi, menutup pembelajaran dengan membaca do’a bersama, 3) evaluasi metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti tahun pelajaran 2023/2024, dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama melaksanakan observasi pada saat pembelajaran berlangsung sebagai tahap evaluasi proses. Tahap kedua memberikan penugasan, praktek, presentasi dan ulangan harian sebagai tahap evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ahmad Faizal
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:14
Last Modified: 28 Dec 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

View Item View Item