Analisis Strategi Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Untuk Menarik Minat Konsumen Dalam Persaingan Dagang Di Toko Bangunan Syeva Jaya

Wardany, Ersya Sela (2023) Analisis Strategi Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Untuk Menarik Minat Konsumen Dalam Persaingan Dagang Di Toko Bangunan Syeva Jaya. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
pdf SKRIPSI SELLA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semakin majunya perekonomian dan teknologi, berkembang pula strategi yang harus dijalankan oleh pelaku usaha atau bisnis. Meningkatnya perkembangan industri kontruksi di Indonesia mengakibatkan kebutuhan akan bahan-bahan bangunan ikut meningkat. Maka dari itu peran usaha material bahan bangunan sangat diperlukan untuk menunjang jalannya pembangunan pada industri kontruksi tersebut. Banyak strategi yang dapat dilakukan oleh pengusaha atau pemilik modal dalam menghadapi persaingan yang semakin kuat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pelayanan Toko Bangunan Syeva Jaya dalam menarik minat konsumen? 2) Bagaimana strategi harga Toko Bangunan Syeva Jaya dalam menarik minat konsumen? 3) Bagaimana strategi kualitas produk Toko Bangunan Syeva Jaya dalam menarik minat konsumen?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pelayanan di Toko Bangunan Syeva Jaya Lumajang. 2) Untuk mengetahui strategi harga di Toko Bangunan Syeva Jaya. 3) Untuk mengetahui strategi kualitas produk di Toko Bangunan Syeva Jaya.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian yang dilaporkan menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan redukasi data, penyajian data dan penyimpulan dan verivikasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Toko Bangunan Syeva Jaya melayani konsumen dengan sangat baik, sopan dan ramah. Menampung keluhan konsumen juga menampung aspirasi dari konsumen melalui platform yang sudah disediakan. Toko Bangunan Syeva Jaya tidak pernah terlambat dalam mengirimkan barang, mereka selalu berusaha agar pengantaran barang selalu tepat waktu. 2) Penetapan harga di Toko Bangunan syeva Jaya, yaitu dengan menghitung total harga pembelian dari supplier lalu diambil laba. Penetapan harganya berbeda antara konsumen yang membeli dengan tidak diantarkan akan lebih murah daripada konsumen yang membeli dan diantarkan. 3) Toko Bangunan Syeva Jaya menyediakan produk dengan berbagai pilihan/bervariasi.
Kata Kunci : Pelayanan, Harga , Kualitas Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Ms Ersya Sela Wardany
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:49
Last Modified: 28 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item