Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Utsmani Bondowoso

Faisal, Faisal (2023) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Utsmani Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Revisi Skripsi Faisal watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faisal. 2023. Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani Bondowoso. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember, Pembimbing: (I) Dr. Subakri, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Kitab Kuning, Pondok Pesantren

Manajemen Pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh pendidik dengan peserta didik yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen pembelajarana adalah bukti dari pertanggungjawaban lembaga pendidikan untuk menghasilkan outcomes yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Penelitian ini memiliki fokus untuk mengungkapkan fokus manajemen pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren salafiyah Al Utsmani Bondowoso, pada fokus: (1) Bagaimana Konsep manajemen pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani Bondowoso pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) Bagaimana faktor pendorong dan penghambat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di Pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani Bondowoso.
Penelitian ini memeliki tujuan Untuk (1) Mendeskripsikan Konsep Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Utsmani Bondowoso Dimana dalam konsep tersebut adanya suatu perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi (2) Mendeskripsikan Faktor Pendorong dan Hambatan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Utsmani Bondowoso
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1). Konsep Manajemen pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Salafiyah Al Utsmani Beddian Bondowoso memiliki faktor dan tujuan pembelajaran yakni: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2). Faktor pendorong dan hambatan pembelajaran kitab kuning di pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani Beddian Bondowoso didukung oleh keberadaan pengelola dan tenaga pendidik yang kompeten. Namun, hambatan utamanya adalah pembagian waktu yang terbatas bagi sebagian santri yang juga merupakan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faisal Faisal Faisal
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:58
Last Modified: 28 Dec 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item View Item