Hubungan Perspective Taking Dengan Perilaku Altruisme Santri Pondok Pesantren Darul Arifin 2 Jember

Nisrina, Nisrina Laili Nazihah (2023) Hubungan Perspective Taking Dengan Perilaku Altruisme Santri Pondok Pesantren Darul Arifin 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nisrina Laili Nazihah D20195041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia, dan dikenal memiliki sistem persaudaraan yang kuat didalamnya. Seiring dengan berkembangnya sistem lembaga pendidikan dipengaruhi arus globalisis membuat kontras dengan pengertian yang telah ada. Semakin lama cenderung mirip dengan bangunan indekos, dibuat dengan sistem model kelas tertata dan dituntut mencapai target pembelajaran sekian, sehingga tidak ada lagi ruang untuk menumbuhkan motivasi internal guna memunculkan tindakan sukarela membantu orang lain tanpa mengatisipasi suatu imbalan. Berbeda dengan pondok pesantren modern kebanyakan, Pondok Pesantren Darul Arifin 2 Jember memiliki kurikulum berbasis modern namun masih tetap memegang ukhuwah islamiyah yang erat, mendahulukan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi atas dasar kemampuan membayangkan apabila berada di posisi orang lain.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Apakah terdapat hubungan antara perspective taking dengan perilaku altruisme santri pondok pesantren Darul Arifin 2 Jember?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perspective taking dengan perilaku altruisme santri pondok pesantren Darul Arifin 2 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Kemudian pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan responden sebanyak 55 santri lalu analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji validitas dan uji reliabilitas dengan alat uji hipotesis menggunakan pearson ( Product Momment)
Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu variabel perspective taking berhubungan positif terhadap perilaku altruisme dengan signifikasi 0,000 serta nilai korelasi 0,479 yang berarti 47,9%. Maka semakin tinggi prespective taking maka semakin tinggi pula perilaku altruisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Nisrina Nazihah
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:20
Last Modified: 29 Dec 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item View Item