Implementasi panca kesadran santri di pesantren nurul jadid paiton probolinggo

Mulki, Iklilul (2023) Implementasi panca kesadran santri di pesantren nurul jadid paiton probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.

[img] Text
1. Skripsi iklilul mulki.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Iklilul Mulki, 2023: Implementasi Panca Kesadaran Santri di Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Kata Kunci: Panca Kesadaran Santri, Implementasi
Proses belajar mengajar di Lembaga Madrsah Aliyah Nurul Jadid Peminatan Keagamaan, pihak Madrsah Aliyah Nurul Jadid terus melakukan sebuah inovasi guna meningkatkan kualitas Pendidikan yang di programkan, tentunya hal ini tidak boleh lepas dari konsep panca kesadaran santri yang dijadikan dasar dalam setiap kegiatannya, baik dari perencanaan, pelaksanaan, serta dalam melakukan evaluasi di setiap program kegiatannya Madrsah Aliyah Nurul Jadid Peminatan Keagamaan terus mengupayakan agar menyajikan pelayanan dalam Pendidikan yang terbaik
Adapun fokus penelitian ini sebagai berikut, 1). Bagaimana Implementasi Panca Kesadaran Santri pada Dimensi Kesadaran Beragama? 2). Bagaimana Implementasi Panca Kesadaran Santri pada Dimensi Kesadaran Berilmu? 3). Bagaimana Implementasi Panca Kesadaran Santri pada Dimensi Kesadaran Berorganisasi? 4). Bagaimana Implementasi Panca Kesadaran Santri pada Dimensi Kesadaran Bermasyarakat? 5). Bagaimana Implementasi Panca Kesadaran Santri pada Dimensi Kesadaran bernegara dan Berbangsa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunaka triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Penelitian ini memiliki kesimpulan implementasi panca kesadaran santri di pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggi, a. Kesadaran beragama dengan kegiatan sholat berjamaah. b. Kesadaran Berilmu dengan terbentuknya sistem diskusi kepada santri. c. Kesadaran Berorganisasi dengan membentuk Organisasi Siswa Asrama (ORSIWA). d. Kesadaran Bermasyarakat dengan bakti sosial dan Praktek Qurban. e. Kesadaran Bernegara dan bertanah air dengan Upacara Bendera setiap hari senin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Iklilul Mulki
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:48
Last Modified: 28 Dec 2023 04:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31203

Actions (login required)

View Item View Item