IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Aprilia, Ayu Dwi (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DWI AYU APRILIA.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 dengan menggunakan metode ilmiah dalam kegiatan pembelajarannya. Dalam praktik pembelajaran, penggunaan pendekatan saintifik dilakukan dengan langkah-langkah (strategi) pembelajaran dikenal dengan strategi pembelajaran 5M yang terdiri atas : kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah, dan mengkomunikasikan. Dalam penerapan pendekatan saintifik guru juga ikut andil, yang besar, karena guru merupakan fasilitator yang harus memberikan bimbingan dan arahan serta motivasi kepada peserta didik agar dapat aktif dan mampu menguasai materi yang diajarkan. Selain itu tugas guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.
Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini ialah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan? Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan, 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemebalajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan, 3) untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan reduksi sesuai kebutuhan sehingga dapat menjawab fokus penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Perencanaan yang dipersiapkan oleh guru sebelum melakukan proses pembelajaran dikelas dengan menyusun RPP dan silabus sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dicantumkan didalamnya yaitu metode reseptif, yaitu berupa tanya jawab, ceramah, memberikan gambar, memutarkan video, dll, 2) Proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 6 Kota Pasuruan terdapat pada pelaksanaan kegiatan inti. Terdapat tiga urutan dalam pembelajaran yaitu tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik diambil dari nilai kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian, dan tugas individu atau kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: DWI AYU APRILIA
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:11
Last Modified: 28 Dec 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31204

Actions (login required)

View Item View Item