PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs BUSTANUL ULUM KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs BUSTANUL ULUM KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Faidah, Evin Nur (2023) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs BUSTANUL ULUM KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs BUSTANUL ULUM KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAN HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (Tesis)
EVIN NUR FAIDAH T20199070.pdf
Restricted to Registered users only until 29 December 2023.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS, diduga bersumber dari tudingan terhadap penerapan model pembelajaran itu sendiri yang tidak mampu memenuhi tuntutan perkembangan dan kebutuhan belajar siswa, sebagai akibat karena setiap kali guru membahas materi kajian IPS tidak menerapkan variasi metode dan penggunaan berbagai media dan sumber belajar, yang terdapat di sekitar lingkungan keseharian hidup siswa, sehingga pembelajaran lebih didominasi oleh penerapan metode ceramah (pendekatan ekspositorik) dan cenderung pembelajaran bersifat monoton. Sementara itu lingkup materi IPS mengkaji tentang manusia dan lingkungannya dengan segala fenomena yang terdapat di dalamnya. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah bidang-bidang yang digali dari kehidupan praktis sehari-hari di masyarakat. Oleh karena itu, pengajaran IPS yang melupakan masyarakat sebagai sumber dan obyeknya, merupakan suatu bidang pengetahuan yang tidak berpijak kepada kenyataan.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah: Adakah pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS terhadap minat belajar peserta didik di MTs Bustanul Ulum Kemiri Tahun Pelajaran 2023/2024 ?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS terhadap minat belajar peserta didik di MTs Bustanul Ulum Kemiri Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan alat SPSS.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Kemiri sebelum melakukan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar termasuk dalam kategori kurang.Pemanfaaatn lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini di buktikan bahwa nilai sig untuk pengaruh (parsial) X terhadap Y adalah sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung 3,439 > t tabel 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima yang berarti terdapat pengaruh (X) terhadap (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, Minat Belajar
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Evin Nur Faidah
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:09
Last Modified: 28 Dec 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item