KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN INTERNET PADA ANAK DI DUSUN BRINGIN LAWANG DESA WONOJATI KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN 2023

PERMADANI, ALIVIA INTAN (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN INTERNET PADA ANAK DI DUSUN BRINGIN LAWANG DESA WONOJATI KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN 2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ALIVIA INTAN PERMADANI_D20171031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Alivia Intan Permadani, 2023: Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Internet Pada Anak di Dusun Bringin Lawang Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2023.
Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal.
Komunikasi interpersonal merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan yang dilakukan sehari-hari dan bertujuan untuk mencapai pemahaman yang sama antara komunikator dengan komunikan. Proses komunikasi interpersonal dilakukan oleh orang tua dalam mengawasi penggunaan internet pada anak di dusun Bringin Lawang desa Wonojati kecamatan Jenggawah. Komunikasi interpersonal dilakukan dengan cara tatap muka langsung oleh orang tua terhadap anak dalam penggunaan internet.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana model komunikasi interpersonal orang tua dalam pengawasan penggunaaan internet pada anak di dusun bringin lawang desa wonojati kecamatan Jenggawah. 2) Bagaimana Hambatan komunikasi interpersonal orang tua dalam pengawasan penggunaan internet pada anak di dusun Bringin Lawang desa Wonojati kecamatan Jenggawah. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana model komunikasi interpersonal orang tua dalam pengawasan penggunaan internet pada anak di dusun Bringin Lawang desa Wonojati kecamatan Jenggawah. 2) Untuk mengetahui bagaimana hambatan komunikasi interpersonal orang tua dalam pengawasan penggunaan internet pada anak di dusun Bringin Lawang desa Wonojati kecamatan Jenggawah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian field research, yaitu jenis penelitian yang dilakukan secara langsung terjun dilapangan untuk mengetahui data secara fakta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara serta dokumentasi dari sumber-sumber yang akurat guna mendapatkan hasil yang relevan. Sumber data yang digunakan adalah data primer seperti wawancara langsung dengan orang tua di desa Wonojati Jenggawah. Data sekunder atau pendukung data primer seperti buku-buku, jurnal dan juga dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian mengetahui bahwa: 1) Model komunikasi interpersonal yang diterapkan dengan tiga model komunikasi interpersonal seperti model linier tanpa adanya reaktif atau tidak menimbulkan komunikasi timbal balik, model interaktif yang menimbulkan komunikasi timbal balik adanya respon secara langsung, dan model transaksional terdapat respon yang pasif sehingga tidak ada komunikasi yang berlangsung secara intens. 2) Hambatan komunikasi interpersonal orang tua yang terjadi pada anak seperti tidak ada tanggapan dari lawan bicara, adanya gangguan emosional, serta terdapat perbedaan generasi antara orang tua dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ALIVIA INTAN PERMADANI
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:45
Last Modified: 28 Dec 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31211

Actions (login required)

View Item View Item