Pengaruh Pemberian Hukuman dan Kedisiplinan terhadap Nilai Kejujuran Anak Asuh di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi

UNAISI, ATNA (2023) Pengaruh Pemberian Hukuman dan Kedisiplinan terhadap Nilai Kejujuran Anak Asuh di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ATNA WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Atna Unaisi, 2023: Pengaruh Pemberian Hukuman dan Kedisiplinan Terhadap Nilai Kejujuran Anak Asuh di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi
Memberikan hukuman merupakan salah satu cara untuk memberikan perubahan perilaku terhadap anak asuh dalam mematuhi kedisiplinan, untuk membentuk kedisiplinan pada anak asuh dengan adanya pembiasaan yang bertujuan agar dapat mendisiplinkan. Karena kedisiplinan salah satu cara yang efektif dalam membentuk dan menumbuhkan karakter. Kejujuran adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama anak di usia remaja, kejujuran sendiri sangat berharga dalam kehidupan sehari hari. Kejujuran akan dijadikan patokan dalam kehidupan masyarakat yang berakhlak mulia. Anak asuh adalah mereka yang menyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya masalah keterlantaran anak, seperti anak yatim/piatu/yatim piatu, anak dari keluarga miskin, broken home, terlantar karena ditinggal keluarganya dan anak yang mendapat korban kekerasan.
Tujuan Penelitiannya adalah 1) Untuk mengetahui dan menguji pengaruh pemberian hukuman terhadap nilai kejujuran anak asuh di UPT perlindungan dan pelayanan sosial asuhan anak kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dan menguji pengaruh kedisiplinan terhadap nilai kejujuran anak asuh di UPT perlindungan dan pelayanan sosial asuhan anak kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui dan menguji pengaruh pemberian hukuman dan kedisiplinan terhadap nilai kejujuran anak asuh di UPT perlindungan dan pelayanan sosial asuhan anak kabupaten Situbondo Cabang Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan metodologi korelasional karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi, dengan populasi 48 anak asuh dan menggunakan sampling jenuh.
Hasil Perhitungan SPSS menunjukkan bahwa nilai uji t sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,737 > t nilai tabel 0,287 artinya terdapat pengaruh hukuman terhadap nilai kejujuran dan menunjukkan nilai koefisien beta sebesar 0,408. Hasil perhitungan spss dapat dikatakan bahwa hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4,868 > nilai t tabel 0,287. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa penerapan kedisiplinan berpengaruh terhadap nilai kejujuran dan menunjukkan hasil koefisien beta sebesar 0,531. Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung sebesar 81,642 dan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa nilai f hitung 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 81,642 > f tabel 3,20. Hal ini menunjukkan bahwa Ho3 ditolak dan Ha3 diterima, hal ini menunjukkan bahwa nilai kejujuran pada anak asuh di UPT PPSAA kecamatan Situbondo Cabang Banyuwangi dipengaruhi oleh hukuman dan kedisiplinan.
Kata Kunci: Pemberian Hukuman, Kedisiplinan, Nilai Kejujuran, Anak Asuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: SKRIPSI ATNA UNAISI
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:03
Last Modified: 28 Dec 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item