Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima (Studi Atas Perizinan Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Jember)

Achmad Haqiqi, Haqiqi (2023) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima (Studi Atas Perizinan Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi ACHMAD HAQIQI 2023 Revisi SIDANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Achmad Haqiqi, 2023 : “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima (Studi Atas Perizinan Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Jember).”

Kata Kunci : Implementasi, Peraturan Daerah, Pedagang Kaki Lima.

Meskipun Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima sudah ada, namun implementasi yang efektif belum tercapai. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penegakan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima dalam menangani pelanggaran yang dilakukan oleh PKL. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Jember dalam menegakkan peraturan tersebut.

Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1.) Bagaimana perizinan PKL di Kabupaten  Jember.? 2.) Bagaimana Implementasi Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Jember.? Tujuan dari penelitian ini 1. Untuk mengetahui apakah Pemerintah Kabupaten Jember sudah sesuai dalam melakukan perizinan Pedagang Kaki Lima. 2. Untuk mengidentifikasi penanganan terhadap Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Jember sesuai dengan Perda nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima.

Penelitian ini menggunakan metode empiris dalam penelitian ini adalah pendekatan yang dilakukan dengan pengamatan terhadap objek atau keadaan-keadaan yang terjadi di lapangan, untuk melihat penerapan hukum, dan menganalisa apakah Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima terkait perizinan sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Data diperoleh dari referensi literatur dan peraturan terkait isu penelitian. Hasilnya menyimpulkan bahwa: 1) Bahwa perizinan PKL di Kabupaten Jember sebagai syarat wajib untuk mendirikan usahanya yang dilakukan untuk mematuhi Peraturan yang berlaku supaya tidak banyak menimbulkan masalah masih belum ditegakkan dengan baik, karena masih belum berjalan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima. 2) Secara umum, hampir semua indikator dari implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima terkait perizinan bisa dikatakan tidak cukup baik, karena itu semua bisa dilihat bahwasannya para PKL yang ada tidak memiliki izin secara resmi. Kemudian sosialisasi kepada maysrakat dan para pelaku PKL terhadap Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima tidak dilaksanakan dengan maksimal semua itu bertujuan agar masyarakat Kota Jember mengetahui dan memahami maksud serta tujuan dari peraturan tersebut. Proses penertiban yang dilakukan pada saat penertiban PKL masih terdapat beberapa kekurangan dikarenakan jarang diadakan penertiban dan penanganan yang tegas dari pihak Satpol PP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Man Achmad Haqiqi Haqiqi
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:45
Last Modified: 28 Dec 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item