Bimbingan Pranikah Dalam Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Bagi Calon Pengantin Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Akbar, Faisol (2023) Bimbingan Pranikah Dalam Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Bagi Calon Pengantin Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Faisol Akbar_D20183068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam membentuk keluarga sakinah, Kementrian Agama melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam mengadakan bimbingan pranikah bagi calon pasangan pengantin. Dengan mengikuti kursus atau bimbingan pranikah pasangan calon pengantin diberikan bekal dan pemahaman tentang ilmu pernikahan, keluarga, dan parenting sehingga lebih siap dalam menjalani hidup berumah tangga. Untuk mendukung rencana kerja pemerintah di bidang ketahanan keluarga menuju keluarga sakinah, KUA Kec. Jenggawah mengadakan bimbingan pranikah kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.
Fokus masalah di dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana proses bimbingan pranikah dalam membentuk keluarga sakinah bagi calon pengantin oleh penyuluh agama di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses bimbingan pranikah dalam membentuk keluarga sakinah bagi calon pengantin oleh penyuluh agama di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?
Adapun metode penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses bimbingan pranikah dalam membentuk keluarga sakinah, meliputi: pendaftaran dan melengkapi persyaratan nikah, materi yang tersusun; membangun landasan keluarga sakinah, psikologi keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga, kesehatan produksi, mempersiapkan generasi yang berkualitas, metode bimbingan pranikah yang dilakukan oleh KUA Kec. Jenggawah; Pre test dan post test, ice breaking dan sosiodrama. 2) Faktor pendukung dan penghambat bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, meliputi: Faktor pendukung; letak KUA, aturan mengikuti bimbingan pranikah, biaya bimbingan gratis, sarana dan prasarana mendukung, fasilitator yang kompeten dan penyampaian materi yang mudah dipahami. Faktor penghambat; kurangnya kedisiplinan dan kesibukan peserta catin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr. Faisol Akbar
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:31
Last Modified: 29 Dec 2023 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31221

Actions (login required)

View Item View Item