Persepsi Pelaku UMKM Atas Kebijakan Sertifikasi Halal Di Jrebeng Lor Kedopok Kota Probolinggo

Azzahro, Dinastiya Iriani (2023) Persepsi Pelaku UMKM Atas Kebijakan Sertifikasi Halal Di Jrebeng Lor Kedopok Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NANAS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Persepsi, Sertifikasi Halal
Studi halal kini menjadi pembahasan yang sangat hangat untuk di bicarakan. Hal ini terjadi karena semakin gencarnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan pentingnya sertifikasi halal pada produk. Hal itu di lakukan untuk memberikan isyarat bahwa konsumsi atas produk halal menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk masyarakat muslim. Oleh sebab itu adanya sertifikasi halal pada sebuah produk yang beredar merupakan tindakan yang harus dilakukan guna menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap produk-produk halal.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi pelaku UMKM atas kebijakan sertifikasi halal? 2) Faktor apa saja yang memengaruhi persepsi pelaku UMKM atas kebijakan sertifikasi halal?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM atas kebijakan sertifikasi halal 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pelaku UMKM atas kebijakan sertifikasi halal.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti turun kelapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena selain itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau setting sosial dalam tulisan yang bersifat naratif. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) adanya perspektif positif pada pelaku UMKM Rengginang dan masih mebutuhkan serangkaian edukasi dan pembinaan tentang prosedur untuk proses pembuatan sertifikasi halal bagi usaha pelaku UMKM. 2) yang mempengaruhi faktor para pelaku UMKM menganggap berat jika di wajibkannya sertifikasi pada barang dagangan mereka karena ketidaktahuan mereka tentang prosedur dan tatacara mengurus sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dinastiya Iriani Azzahro
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:17
Last Modified: 02 Jan 2024 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item