PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS VII MTs. AL-MA’ARIF WULUHAN JEMBER

Izza Qudsiyatul, Laduni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS VII MTs. AL-MA’ARIF WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZA QUDSIYATUL L-T201910009 SKRIPSI_compressed (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di MTs. Al-Ma’arif Wuluhan bahwa kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran IPA termasuk materi Pemanasan Global, sehingga guru mendapat kesulitan dalam menyampaikan materi Pemanasan Global agar siswa lebih tertarik belajar. Adapun materi Pemanasan Global merupakan materi yang bersifat konseptual, faktual, dan prosedural yang cenderung sulit untuk dipahami. Sedangkan guru belum memiliki waktu, kemampuan, dan biaya yang cukup untuk membuat media yang berbeda dari sebelumnya. Maka dari itu peneliti ingin mengembangkan Infografis berbasis
Instagram karena dianggap dapat membantu siswa dalam memahami materi.
Rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya yaitu, (1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Instagram pada materi Pemanasan Global Kelas VII SMP/ MTs. (2) Bagaimana uji respons pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Instagram pada Materi
Pemanasan Global untuk Kelas VII SMP/ MTs. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Instagram pada Materi Pemanasan Global untuk Kelas VII SMP/ MTs. (2) Untuk mendeskripsikan uji respons pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Instagram pada
Materi Pemanasan Global untuk Kelas VII SMP/ MTs. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan
(Research and development). Penelitian ini menerapkan model ASSURE yang dikembangkan oleh Sharon Smaldino, Robert Heinich, Michael Molenda, dan James Russell. Model ASSURE terdiri dari enam tahap yaitu analyze learner characteristics, state standard and objectives, select strategies, technology, media, and materials, utilize media, and materials, require learner participation, evaluate and revise. Data penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan siswa, wawancara, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli praktisi, angket uji coba skala kecil, dan angket uji coba skala besar.
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan memperoleh (1) Nilai validasi ahli materi sebesar 88% (2) Presentase nilai validasi ahli media sebesar 91%, (3) Presentase nilai validasi ahli praktisi sebesar 87%. Hasil presentase nilai dari para ahli tersebut menunjukkan tingkat validitas media pembelajaran Infografis sangat valid. Adapun untuk uji respons siswa mendapatkan hasil (1) Uji skala kecil untuk menguji keterbacaan mendapat nilai sebesar 89% dengan kriteria sangat baik, (2) Uji skala besar mendapat hasil sebesar 86% dengan kategori sangat menarik. Sehingga dari segi keterbacaan dan kemenarikan media Infografis dapat dikatakan sangat menarik digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Materi Pemanasan Global, Infografis, Media Pembelajaran, Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Izza Qudsiyatul Laduni
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:29
Last Modified: 28 Dec 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31233

Actions (login required)

View Item View Item