Pengaruh Presenter Artificial Intelligence Terhadap Minat Profesi Presenter Televisi (Studi Kasus Mahasiswa KPI Semester V UIN KHAS JEMBER)

Yusuf, Khaula Zulfa (2022) Pengaruh Presenter Artificial Intelligence Terhadap Minat Profesi Presenter Televisi (Studi Kasus Mahasiswa KPI Semester V UIN KHAS JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KYAI HAJI ACHMAD SHIDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi zulfa watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Artificial intelligence lahir mewarnai perkembangan teknologi. Ia
merupakan otak canggih buatan manusia yang punya daya dan peran didesain
seperti atau bahkan lebih dari manusia. Di banyak hal di dunia entah industri,
pemerintahan, hiburan, dan media sekarang telah banyak menggunakan artificial
intelligence sebagai teknologi baru yang membantu manusia. Dalam dunia media,
model pemberitahuan informasi seperti kanal-kanal berita yang membutuhkan
presenter sebagai penyampai berita hari ini masuk dalam perkembangannya.
Mulai ada pergeseran dari presenter manusia menuju artificial intelligence.
Efisisensi atas pertimbangan modal, tenaga, dan kemajuan menjadi asas
dipergunakannya artificial intelligence dalam dunia jurnalisme.
Presenter sebagai sebuah profesi masih banyak menjadi cita cita. Ruang
pembelajaran yang mempelajari tentang dunia jurnalisme masih mempelajari
bagaimana menjadi presenter. Namun di sisi lain perkembangan teknologi
menjadi tantangan, minat dan kompetensi para mahasiswa yang punya konsentrasi
untuk menjadi presenter menjadi kontestasi yang penting. Terutama dalam
perkembangan ilmu pengetahuan patut kiranya untuk meneliti fenomena
masuknya teknologi artificial intelligence serta implikasinya bagi para presenter
ataupun mahasiswa yang berpandangan ingin menjadi presenter Implikasi dari
adanya artificial intelligence menjadi kajian dan penelitian yang menarik
khususnya bagi dunia jurnalisme presenter. Karena akan membuktikan hipotesahipotesa secara valid bagaimana dinamika yang tejadi di tengah mahasiswa
tentang dinamika minat menjadi presenter.
Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan pendekatan
survey. Dengan sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa program studi
komunikasi dan penyiaran islam (KPI) semester V UIN KHAS Jember dari total
populasi sebanyak 132 mahasiswa, pengambilan sampel berdasarkan metode
random sampling, selain itu peneliti juga menggunakan rumus slovin dengan
margin eror 5% untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner.
Analisis regresi sederhana pearson digunakan dalam analisi data pada penelitian
ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presenter Artificial intelligence
memiliki pengaruh terhadap minat profesi presenter TV pada mahasiswa KPI
semester V UIN KHASJember, dengan nilai Berdasarkan nilai t : nilai t hitung
sebesar 5,735 > t tabel 1,987 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable X
berpengaruh pada variable Y. Maka dapat dijelaskan bahwa Ha diterima dan H0
ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
Depositing User: KHAULA ZULFA YUSUF
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:05
Last Modified: 28 Dec 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item View Item