Penggunaan Videk Animasi Youtube cocomelon untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri Tegal Besar 03 Jember

Setiayuli, Indri (2023) Penggunaan Videk Animasi Youtube cocomelon untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri Tegal Besar 03 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INDRI SETIA YULI_T20184108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Kosa Kata, Video Animasi , Youtube Cocomelon
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengenalan kosa kata Bahasa
Inggris anak yang masih rendah. Kurangnya variasi penggunaan media
pembelajaran dalam mengajarkan kosa kata Rumusan Masalah pada pada
penelitian ini yaitu apakah penggunaan Video Animasi Youtube Cocomelon dapat
meningkatkan kemampuan mengenal Kosa kata Bahasa Inggris? dan Bagaimana
Penggunaan Video Animasi Youtube Cocomelon untuk meningkatkan
kemampuan mengenal kosa kata Bahasa Inggris?. Tujuan dari penelitian ini Untuk
meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris siswa kelas I
melalui penggunaan video animasi youtube cocomelon serta untuk mengetahui
apakah Video animasi youtube Cocomelon dapat meningkatkan kemampuan
mengenal kosa kata bahasa Inggris di SD Negeri Tegal Besar 03 Tahun Pelajaran
2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PTK (CAR).
Model Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan MC Taggart.
Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Tegal Besar 03
Jember yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes
dan Non Tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada pra
siklus nilai yang tuntas sebanyak 13(46%) sedangkan pada siklus I, dari 28 siswa,
nilai yang yang tuntas adalah 15 siswa (53%). Pada siklus II, dengan adanya
perbaikan terkait video yang ditampilkan, semakin meningkatkan pemahaman
siswa terkait kemampuan berbahasa Inggris. Nilai siswa yang tuntas adalah 24
siswa (86%). Pada Siklus I Observasi terhadap aktivitas siswa mencapai 68% dan
Observasi aktivitas guru mencapai 68%. Selanjutnya pada siklus II Skor
Observasi mengalami peningkatan antara lain Observasi aktifitas siswa mencapai
88% dan Observasi aktifitas guru mencapai 96%. Hal ini menunjukkan bahwa
Video animasi Youtube Cocomelon dapat meningkatkan kemampuan mengenal
kosa kata Bahasa Inggris kelas I di SDN Tegal Bes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indri Setia Yuli
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:17
Last Modified: 28 Dec 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31240

Actions (login required)

View Item View Item