Efektivitas Model Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Nuris Jembe

Subhan, Haifah (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Nuris Jembe. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Skripsi Haifah S (T20187076) .pdf

Download (30MB)

Abstract

Haifah Subhan, 2023; Efektivitas Model Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di Smp Nuris Jember.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Open-Ended, Hasil Belajar, HOTS.

Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran open-ended terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah matematika dengan bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) tanpa menggunakan model pembelajaran open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Nuris Jember,(2) Bagaimana hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan model pembelajaran Open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Nuris Jember, (3) Apakah penerapan model pembelajaran open-ended efektif terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Nuris Jember.
Penelitian ini penggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy eksperimen dengan desain yaitu Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nuris Jember yang terdiri atas kelas VIIIA sampai kelas VIIIG. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meggunakan uji validitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T-test.
Hasil penelitian ini; (1) Hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe HOTS peserta didik kelas VIII SMP Nuris Jember yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Open-Ended bahwa pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest dengan rata – rata adalah 43 dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 62, (2) Hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe HOTS peserta didik kelas VIII SMP Nuris Jember yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended bahwa pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest dengan rata – rata adalah 34,41 dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 70,72. Peningkatan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Open-Ended sangat signifikan dimana presentase peningkatan sampai 105% dengan selisih nilai pretest dan posttest melebihi setengah nilai rata-rata yaitu 36,31, (3) Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh t_hitung = 3.464 dan t_tabel pada signifikasi = 0,05 dan dk = (29+24-2) = 51 Adalah 1,675. Karena t_(hitung )> t_tabel maka disimpulkan bahwa H_0 ditolak. Artinya ada perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika tipe HOTS materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada peserta didik kelas VIII SMP Nuris Jember sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan Open-Ended. Hasil pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran Open-Ended lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar tanpa model pembelajaran Open-Ended. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended efektif terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Nuris Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
Depositing User: Haifah Subhan
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:41
Last Modified: 28 Dec 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31244

Actions (login required)

View Item View Item