STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI SMKN 5 JEMBER

Lufitasari, Afifah puteri (2023) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI SMKN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afifah puteri lufitasari_D20171071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Afifah Puteri Lufitasari, 2023 : Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran, Pandemi
Berinteraksi satu sama lain melalui komunikasi merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan oleh masyarakat. Mengkomunikasikan ide-ide kita atau menyampaikan semua keluhan kita adalah tujuan komunikasi. Kita menggunakan komunikasi sebagai tindakan untuk memberi tahu orang lain apa yang ada dalam otak kita. Tindakan mengirim dan menerima pesan dengan tanggapan langsung antara dua individu atau sekelompok kecil orang dikenal sebagai komunikasi interpersonal. Namun beberapa tahun terakhir dunia sedang menghadapi musibah yaitu penyebaran virus Covid 19. Semua kegiatan terpaksa terhenti karena pandemi. Berbagai upaya telah di lakukan untuk menghambat dan menghentikan penyebaran virus tersebut salah satunya belajar dari rumah. Dari SD-perguruan tinggi di himbau untuk melakukan pembelajran dari rumah. Media pembelajaran yang di pakai oleh mereka yaitu melalui internet.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apa saja komunikasi interpersonal yang dilakukan guru terhadap siswanya dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar online di saat pandami di SMKN 5 Jember? 2) Apa saja faktor positif dan negatif dari pembelajaran siswa selama di rumah saja di SMK 5 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Supaya penulis tahu strategi komunikasi interpersonal yang seperti apa yang di pakai guru untuk mengajar siswanya selamanya pembelajaran dari rumah ini. 2) Supaya penulis mengetahui apa saja faktor positif dan negatif pembelajaran dari rumah di SMKN 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu 5 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui: a) Pengamatan terlibat (observasi participant. b) Wawancara mendalam (indepht interview). c) Dokumentasi dan kepustakaan.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Tugas guru menjadi fasilitator dan demonstator aktif perihal materi belajar sehingga siswa dapat mencapai kepada pemahamana belajar yang benar. Dengan pembelajaran jarak jauh dan dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan internet. 2) Koneksi internet yang tidak stabil pada masing-masing tempat tinggal siswa, keterbatasan dalam kuota internet, keterbatasan guru sebagai supervisor belajar, kurangnya kesadaran pentingnya mempertahankan eksistensi belajar walau di tengah pandemi baik siswa ataupun orang tua mereka adalah faktor penghambat pembalajaran jarak jauh. Harapan dan dukungan orang tua sendiri menjadi faktor utama siswa bisa tetap mempertahankan eksistensi belajar walau di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Afifah Puteri lufitasari
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:28
Last Modified: 29 Dec 2023 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item