CHILDFREE DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN MENURUT OKI SETIANA DEWI (Kajian Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk)

Jannah, Wardatul (2023) CHILDFREE DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN MENURUT OKI SETIANA DEWI (Kajian Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Warda-water mark.pdf

Download (982kB)

Abstract

Kata kunci: Childfree, Oki Setiana Dewi, analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk
Childfree merupakan sebutan bagi seseorang atau pasangan suami istri yang memilih untuk tidak memiliki anak. Istilah ini semakin mendapat sorotan setelah salah satu influencer tanah air menyatakan dirinya menganut prinsip childfee. Childfree berbeda dengan childless, di mana seseorang menginginkan anak namun tidak bisa karena faktor biologis. Maraknya wacana childfree di media sosail mendapatkan banyak tanggapan dari berbagai kalangan, salah satunya Oki Setiana Dewi selaku tokoh agama dan pendakwah tanah air.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penjelasan Oki Setiana Dewi mengenai childfree dalam perspektif Al-Qur’an? 2) Bagaimana childfree menurut Oki Setiana Dewi dalam kajian analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research). Metode penelitian yang digunakan yaitu netnografi dan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokimentasi, berupa dokumen berbentuk video pada kanal Youtube Oki Setiana Dewi Official. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk atau sering disebut dengan analisis kognisi sosial
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Oki Setiana Dewi memandang childfree tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam karena beberapa alasan, di antaranya karena salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan, childfree berlawanan dengan fitrah manusia, dan memiliki anak akan mendatngkan rezeki. 2) Pada dimensi teks analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk hasil penelitian mengenai childfree pada kanal Youtube Oki Setiana Dewi Official terdapat struktur teks atau wacana yang disusun berdasarkan ideologi Oki Setiana Dewi. Kognisi sosial mengenai childfree berdasarkan skema menunjukkan adanya representasi sosial yang mengandung prasangka terhadap childfree. Pada analisis sosial, hasil penelitian menunjukkan adanya bentuk kekuasaan dan akses yang dimiliki oleh Oki Setiana Dewi untuk mempengaruhi khalayak luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Wardatul Jannah
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:15
Last Modified: 02 Jan 2024 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31256

Actions (login required)

View Item View Item