Upaya Meningkatkan Skill Pengelolaan Kopi Oleh Gapoktan Sukamaju Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Hasanah, Rofiqoh Fazriatul (2023) Upaya Meningkatkan Skill Pengelolaan Kopi Oleh Gapoktan Sukamaju Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofiqoh Fazriatul Hasanah_D20192017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanaman kopi merupakan jenis tanaman perkebunan rakyat yang memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia dan diperdagangkan di pasar internasional. Adanya sumber daya alam yang melimpah tentu diperlukan skill yang mumpuni dalam proses pengelolaannya. Pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan kopi masih sangat terbatas. Petani kopi rakyat hanya menggunakan pengalaman dan peralatan yang konvensional dalam memproduksi kopi, sehingga kualitas produknya tidak bisa terjaga dengan baik dan stabil. Hal itulah yang menjadikan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sukamaju memiliki inisiatif untuk menjadikan petani kopi sebagai sumber daya manusia dengan skill yang pengelolaan kopi mumpuni sehingga hasil kopi petani menjadi lebih maksimal, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, mulai dari proses pra panen hingga pasca panen.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi oleh Gapoktan Sukamaju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Apa dampak upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi oleh Gapoktan Sukamaju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi oleh Gapoktan Sukamaju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif atau naratif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa upaya meningkatkan skill pengelolan kopi oleh Gapoktan Sukamaju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember mendapat antusias tinggi dari petani kopi dengan mengikuti kegiatan pertemuan rutin Gapoktan Sukamaju, Workshop Peningkatan Kualitas Kopi, dan Petik Merah. Adapun dampak upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi adalah bertambahnya ilmu dan wawasan, penyelesaian permasalahan yang dialami petani dan peningkatan kemandirian petani. Upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi adalah dukungan dari DTPHP Jember, rasa ingin maju dan koordinasi dan komunikasi yang baik. Sedangkan faktor penghambat upaya meningkatkan skill pengelolaan kopi adalah peralatan terbatas, perbedaan mindset/pola pikir dan latar belakang pendidikan.

Kata kunci: Upaya Meningkatkan skill, Pengelolaan kopi, Gapoktan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070101 Agricultural Land Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miss Rofiqoh Fazriatul Hasanah
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:52
Last Modified: 02 Jan 2024 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31260

Actions (login required)

View Item View Item