Pelaksanaan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS di SMP negeri 3 genteng banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023

prasetyaning asih, haniza dwi (2023) Pelaksanaan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS di SMP negeri 3 genteng banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Haniza Dwi P.A_T20189080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu model dan cara yang dapat dilaksanakan langsung pada aktivitas belajar mengajar agar berjalan dengan baik. Dalam belajar mengajar, metode sangat dibutuhkan oleh guru, dengan penggunaan yang bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Menguasai metode mengajar merupakan keniscayaan, sebab seorang guru tidak akan dapat mengajar dengan baik apabila ia tidak menguasai metode secara tepat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Genteng yang mana dalam proses pembelajaran siswa kurang termotivasi karena banyak siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran sehingga membuat siswa semakin malas, bosan dan lebih pasif. Maka guru menggunakan cara lain yaitu Metode pembelajaran Brainstorming. Metode Brainstorming ini merupakan metode yang bisa memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau mengemukakan gagasan atau ide, siswa menjadi lebih termotivasi untuk semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dalam tujuan motivasi belajar tercaapai dengan baik.
Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan metode putaran bebas pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan metode putaran teratur pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analsisis data menggunakan modul interakif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data dengan Triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan putaran bebas pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi dilakukan dengan menyusun RPP, menyiapkan materi dengan tema “Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia”, membagi kelompok kemudian kegiatan dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah Brainstorming dengan berdiskusi selama 15 menit dan bebas berpendapat dengan mengacungkan tangan lalu ketua kelas menunjuk anggota untuk memberikan ide yang di sampaikan dan tidak ada kritikan dari anggota lain. 2) pelaksanaan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar menggunakan putaran teratur pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi dilakukan dengan menyusun RPP, menyiapkan materi dengan tema “Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia”, membagi kelompok kemudian kegiatan dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah Brainstorming dengan berdiskusi selama 15 menit, anggota menyampaikan idenya berputar dari kiri ke kanan sesuai dengan guru tunjuk, apabila belum bisa menjawab anggota mengatakan pas dan lanjut giliran urutan selanjutnya hingga semua terjawab, sama dengan metode bebas anggota kelompok tidak boleh mengkritik ide.

Kata kunci: metode Brainstorming; IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: haniza dwi prasetyaning asih
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:19
Last Modified: 02 Jan 2024 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31261

Actions (login required)

View Item View Item