Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis zepeto materi interaksi sosial kelas VII SMP negeri 01 pakusari

tiny, Muslihatin (2023) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis zepeto materi interaksi sosial kelas VII SMP negeri 01 pakusari. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUSLIHATIN _T20189067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Video animasi merupakan alat untuk membantu proses pembelajaran yang berupa gambar bergerak seperti hidup. Zepeto sendiri dapat dipahami merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna membuat animasi dan dirancang secara khusus agar bisa mengubah personalisasi pengguna menjadi sebuah karakter tiga dimensi yang dilengkapi dengan latar belakang (background), fitur play atau alat peraga dan animasi.
Tujuan peneliti dalam skripsi ini yaitu : 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Video animasi berbasis Zepeto materi Interaksi Sosial kelas VII SMP Negeri 01 Pakusari Tahun Pelejaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui tingkat keefektifan terhadap media pembelajaran berbasis video animasi zepeto dalam pembelajaran IPS di SMPN 01 Pakusari Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), menggunakan 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implemantasi, evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 01 Pakusari. Instrument sendiri berupa lembar validasi untuk memperoleh data kevalidan yang terdiri dari Validator ahli desain, validator ahli bahasa, dan validator ahli materi. Untuk memperoleh data keefektifan media diperoleh dari hasil tes belajar siswa.
Penelitian ini sampai pada simpulan yaitu: 1) media pembelajaran video animasi berbasis Zepeto yang dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis media pembelajaran. 2) Media video animasi berbasis Zepeto pada materi interaksi sosial telah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 82% dari ahli desain 72%, dari ahli bahasa 91,37% dan dari ahli materi 82%. Penilaian uji keefektifan diperoleh nilai rata-rata 81, 31% yang termasuk kategori efektif.
Kata Kunci: Video Animasi; Zepeto; Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: MUSLIHATIN Tiny
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:08
Last Modified: 29 Dec 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31263

Actions (login required)

View Item View Item