Efektivitas Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) Bagi Calon Pengantin Dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Serta Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember)

Sholihah, Wardatus (2023) Efektivitas Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) Bagi Calon Pengantin Dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Serta Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi di KUA Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Wardatus Sholihah 2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman sekarang untuk membangun sebuah perkawinan diperlukan sebuah bekal yang sangat matang, karena dalam sebuah perkawinan dibutuhkannya kesiapan mental, dan pengetahuan yang luas tentang perkawinan. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai perkawinan, diterapkanlah bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang memiliki tujuan agar mereka yang akan membina kehidupan rumah tangga mampu mengetahui seperti apa kehidupan yang akan mereka jalani dan mampu mempersiapkan diri untuk mengarungi kehidupan rumah tangga, dengan begitu mereka akan mampu membentuk kehidupan rumah tangga yang tahan akan segala konflik ataupun permasalahan yang terjadi sehingga kehidupan rumah tangga yang mereka bina mampu menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Apakah Pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Jenggawah sesuai dengan Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 379 Tahun 2018? 2) Apakah bimbingan perkawinan efektif untuk menjaga ketahanan keluarga serta membentuk keluarga sakinah bagi calon pengantin? 3) Apa saja kendala pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Jenggawah?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana peneliti bermaksud untuk mengetahui langsung bagaimana pelaksanaan bimbingan perkawinan yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Jenggawah. Adapun teknik pengumpulan datanya yakni dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang dilakukan di KUA Kecamatan Jenggawah meliputi teknis pelaksanaan, materi, dan juga metode yang digunakan telah sesuai dengan dasar hukum dari pelaksanaan kegiatan tersebut yakni Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin. 2) berdasarkan wawancara yang diperoleh peneliti pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Jenggawah efektif bagi calon pengantin dalam menjaga ketahanan keluarga serta mewujudkan keluarga sakinah 3) dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Jenggawah ini terdapat dua faktor yang mempengaruhi, pertama faktor pendukung, meliputi: antusias peserta, dan keterampilan fasilitator dalam menyampaikan materi. kedua faktor penghambat meliputi: sarana prasarana yang kurang memadai, kesediaan peserta yang tidak bisa mengikuti kegiatan selama dua hari, dan kurang disiplinnya peserta.

Kata Kunci:efektivitas bimbingan perkawinan, ketahanan Keluarga, Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Wardatus Sholihah
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:01
Last Modified: 29 Dec 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item