Penggunaan Tiktok Sebagai Media Kreatifitas dan Belajar Pendidikan Agama Islam : Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi

Ummah, Faza Faizatul (2023) Penggunaan Tiktok Sebagai Media Kreatifitas dan Belajar Pendidikan Agama Islam : Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FAZA FAIZATUL UMMAH_ T20196015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Faza Faizatul Ummah, 2023: “Penggunaan TikTok Sebagai Media Kreatifitas dan Belajar Pendidikan Agama Islam : Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi.”

Kata Kunci: TikTok, Media Kreatifitas, Belajar, PAI

TikTok salah satu media sosial yang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sekarang ini, dalam arti memberikan pengetahuan luas. Kreatifitas siswa dapat bertumbuhkembang karena adanya upaya, dorongan serta dukungan dari guru agar kegiatan belajar stabil dan imbang. Kegiatan belajar yang cenderung dengan pendidikan agama Islam yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tentang TikTok ini penting karena sebagai media kreatifitas dan belajar jarang penelitian yang membahas atau pernah digunakan / dilakukan bahkan tidak ada di MAN 2 Banyuwangi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam mempengaruhi siswa untuk menggunakan TikTok sebagai media kreatifitas dan belajar pendidikan agama Islam di MAN 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana Implikasi penggunaan TikTok sebagai media kreatifitas dan belajar pendidikan agama Islam di MAN 2 Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mempengaruhi siswa untuk menggunakan TikTok sebagai media kreatifitas dan belajar pendidikan agama Islam di MAN 2 Banyuwangi. 2) untuk mendeskripsikan implikasi penggunaan TikTok sebagai media kreatifitas dan belajar pendidikan agama Islam di MAN 2 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di MAN 2 Banyuwangi, dimana Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta Pengumpulan data menggunakan Reduksi data, Display data, Verifikasi Keabsahan data, Triangulasi teknik dan Sumber. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis yang bersifat deskriptif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Upaya guru dalam mempengaruhi siswa menggunakan TikTok sebagai media belajar adalah : menggunakan pendekatan preventif seperti apresiasi karya TikTok, motivasi & informasi, pembiasaan & pengalaman, memberikan contoh yang baik, menyampaikan pesan dengan ekspresi yang tepat, memberikan respon yang baik pada siswa dan menghargai ide-ide yang disampaikan siswa. Menggunakan pendekatan represif seperti kewenangan guru dalam memberikan sanksi serta penilaian dari hasil karya TikTok. 2) Implikasi penerapan media kreatifitas TikTok ada dua hal yaitu: hal positif diantaranya, siswa senang, semangat, prestasi bagus, mandiri, keterampilan meningkat dan wawasan luas, sedangkan hal negatif seperti: kurang pemahaman, individualisme, penurunan pencapaian belajar dan terjadinya perubahan perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faza Faizatul Ummah
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:27
Last Modified: 29 Dec 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31271

Actions (login required)

View Item View Item